UTBK Ditunda, Calon Maba Manfaatkan Waktu Belajar – Kendari Pos
Edukasi

UTBK Ditunda, Calon Maba Manfaatkan Waktu Belajar

Calon Maba UHO yang mengikuti UTBK pada waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Bagi calon mahasiswa baru yang akan mendaftar di Universitas Halu Oleo (UHO) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) harus lebih bersabar lagi. Pasalnya, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan penundaan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang merupakan syarat wajib mendaftar jalur SBMPTN.

Penundaan pendaftaran UTBK 2020 tersebut juga dibenarkan oleh Wakil Rektor I UHO, Dr. La Hamimu. Diakuinya, pendaftaran UTBK untuk SBMPTN tahap I yang semula bakal dilaksanakan pada 30 Maret sampai 11 April dan UTBK tahap II pada 14-16 April 2020 ditunda dengan waktu yang belum bisa ditentukan. “Pendaftarannya ditunda untuk sementara waktu, hal ini merupakan salah satu langkah pemerintah untuk menekan penyebaran wabah virus Corona di Indonesia yang angkanya terus bertambah,” ungkapnya, Minggu (5/4).

Selain jadwal pendaftaranya yang ditunda, LTMPT juga mengundur waktu pelaksanaan UTBK yang semula telah terjadwal pada 20 April. Menurut Warek I UHO ini, penundaan pelaksanaan UTBK menjadi kesempatan untuk calon mahasiswa baru untuk memanfaatkan waktu dalam belajar, agar nilai yang dihasilkan ketika UTBK dapat memuaskan. “Bisa memanfaatkan waktu ini untuk belajar dirumah masing-masing. Saya kira waktunya cukup panjang, sehingga peluang untuk masuk di PTN pilihan menggunakan jalur SBMPTN sangat bisa diperoleh,” katanya.

Sementara itu, salah satu siswa SMAN 4 Kendari bernama Bintang, yang sebentar lagi akan lulus dan melanjutkan pendidikanya di perguruan tinggi menyambut baik penundaan pendaftaran UTBK ini. Terkhusus alasan penundaan dikarenakan situasi yang sedang menimpa negeri ini akibat Covid-19. Untuk itu, dirinya saat ini tengah fokus untuk terus belajar sebelum pelaksaan UTBK berlangsung. “Saya berencana mendaftar di salah satu PTN terbesar di Sultra dengan mengambil jurusan Manajemen. Untuk itu, saya terus belajar karena jurusan yang akan saya pilih ini merupakan salah satu jurusan dengan pesaing yang cukup ketat,” terangnya.

Selain belajar, dirinya juga terus memantau media untuk mendapatkan informasi-informasi terkait jadwal pendaftaran mahasiswa baru, khususnya pada jalur masuk SBMPTN. Sebagai informasi, UTBK merupakan syarat utama untuk syarat SBMPTN. UTBK 2020 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy