Urus Izin Usaha Bisa Lewat Whatsapp – Kendari Pos
Metro Kendari

Urus Izin Usaha Bisa Lewat Whatsapp

Suasana pengurusan izin di DPM-PTSP Kota Kendari beberapa waktu lalu. Akibat virus korona, pengurusan izin turun drastis.

KENDARIPOS.CO.ID — Mewabahnya virus korona (COVID-19) ikut mempengaruhi permintaan izin usaha di Kota Kendari. Dari data yang dihimpun Kendari Pos di Dinas Penanaman Modal dan PTSP (DPM-PTSP) Kota Kendari, penurunan pengurusan izin usaha tercatat hingga 50 persen. “Kalau hari normal (sebelum COVID-19 merebak), 50 izin kami terbitkan. Nah saat ini sisa 20 izin perhari yang saya tanda tangani. Penurunannya sekira 50 persen,” ungkap Satria Damayanti, Kepala DPM-PTSP Kota Kendari, kemarin.

Damayanti memaklumi penurunan pengurusan izin saat ini. Menurutnya, penurunan yang terjadi dikarenakan masyarakat utamanya para pengusaha lebih memilih berada di rumah untuk sementara waktu sembari menunggu covid-19 tertangani. “Info yang saya dapat begitu,” ujarnya.

Sebenarnya, lanjut Damayanti, para pengusaha bisa melakukan pengurusan izin secara online. Mereka tak mesti menunggu penanganan covid-19 selesai baru berurusan. Caranya cukup mudah. Masyarakat bisa langsung mengakses link whatsapp DPM-PTSP Kendari di byt.ly/ptsp.kendari atau menscreen barcode yang tersedia di media sosial Facebook DPM-PTSP Kendari.

“Setelah bergabung digrub, masyarakat akan langsung dilayani oleh petugas kami. Jadi warga tidak perlu repot-repot datang di kantor. Adapun jika dirahkan ke kantor, itu merupakan tahap pengambilan izin atau mungkin penyetoran dokumen asli pengusaha yang tidak memungkinkan dishare melalui medsos,” jelasnya.

Adapun izin yang paling banyak diurus warga metro kata Damayanti, yaitu izin di sektor kesehatan. Misalnya izin praktek apoteker, perawat, dokter umum, dokter spesialis dan izin prakrek bidan. Selain itu, sambung dia, ada juga yang mengurus IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil), SIUJK (Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi), pemenuhan komitmen, izin lingkungan, surat izin Keterangan Rencana Kota (KRK), IMB (Izin Mendirikan Bangunan) serta pendampingan pengurusan OSS (Online Single Submission). (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy