Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19, Dishub Sultra Batasi Moda Transportasi – Kendari Pos
Nasional

Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19, Dishub Sultra Batasi Moda Transportasi

KENDARIPOS.CO.ID — Ujung tombak pencegahan penyebaran virus korona (Covid-19) bukan hanya semata-mata dari sektor kesehatan. Sektor lainnya pun punya kontribusi. Salah satunya dari sisi pergerakan transportasi atau arus lalu lintas manusia.

Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra sudah menyusun beberapa skema pengendalian transportasi dalam pencegahan penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19). Skema itu tertuang dalam surat edaran yang dikeluarkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra, Hado Hasina.

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina menguraikan skema pengendalian transportasi dalam bentuk pembatasan moda transportasi yakni pengendalian transportasi untuk seluruh wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra), pengendalian transportasi pada wilayah Sultra jika ditetapkan sebagai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan pengendalian transportasi untuk kegiatan mudik tahun 2020 di wilayah Sultra.

Hado Hasina menjelaskan pengendalian transportasi untuk seluruh wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) dilakukan terhadap transportasi yang mengangkut penumpang dan logistik atau barang. “Pengendalian transportasi yang mengangkut penumpang akan dilakukan pada saat persiapan perjalanan, selama perjalanan, dan sampai tujuan atau kedatangan yang dilakukan oleh penumpang, operator sarana dan prasarana transportasi yang harus memenuhi ketentuan,” ujarnya, Minggu (12/4) kemarin.

Imbauan lain terkait dengan pengendalian transportasi yang mengangkut logistik atau barang dilakukan operator sarana transportasi, pengelola operasional angkutan, serta pengirim dan
pemilik. “Dalam hal ini beberapa ketentuan yang harus dipenuhi antara lain adalah physical distancing dan penggunaan peralatan kesehatan berupa masker selama kegiatan operasional angkutan. Melakukan sterilisasi armada transportasi dan muatan melalui penyemprotan disinfektan dan melakukan pengecekan kesehatan personel sarana transportasi di lokasi keberangkatan dan lokasi kedatangan,” ungkap Hado Hasina.

Sedangkan ketentuan pengendalian transportasi pada wilayah Sultra jika ditetapkan sebagai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Hado mengungkapkan jumlah penumpang kendaraan bermotor umum berupa mobil penumpang dan bus dibatasi. Paling banyak 50 persen dari jumlah kapasitas tempat duduk.

“Sedangkan untuk sepeda motor berbasis aplikasi dibatasi penggunaannya hanya untuk pengangkutan barang. Dalam hal tertentu untuk tujuan melayani kepentingan masyarakat dan pribadi. Sepeda motor dapat mengangkut penumpang namun harus melakukan disinfeksi kendaraan dan perlengkapan sebelum dan setelah selesai digunakan, menggunakan masker dan sarung tangan. Tidak berkendara jika sedang mengalami suhu badan di atas normal atau sakit,” papar Hado Hasina.

Adapun pengendalian transportasi untuk mudik tahun 2020 dilakukan agar kegiatan mudik tidak mengakibatkan semakin meningkat dan meluasnya Covid-19.”Pedoman dan petunjuk teknis mudik tercantum dalam lampiran Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM 18 tahun 2020 tentang pengendalian transportasi dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19,” tutup Hado Hasina.
(yog/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy