Uchok Sky: Program Kartu Prakerja Tidak Memberi Manfaat – Kendari Pos
Nasional

Uchok Sky: Program Kartu Prakerja Tidak Memberi Manfaat

Uchok Sky


KENDARIPOS.CO.ID — Ekonomi masyarakat sedang terpuruk. Negara sedang berperang menghadapi pagebluk Covid-19. Namun, sejumlah stimulus yang dilakukan pemerintah untuk mendongkrak eknomomi masyarakat dianggap tidak memberi manfaat.

Direktur Eksekutif Center for Budget Analysis Uchok Sky Khadafi menilai, kebijakan yang dibuat pemerintah tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan situasi saat ini. Contohnya pemerintah Omnibus Law RUU Cipta Kerja dan pelaksanaan program Kartu Prakerja.

Menurut Uchok, program kartu prakerja yang digagas Kemenko Perekonomian sangat tidak relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini yang mengalami pelemahan. “Banyak pekerja terkena PHK. Makanya, kartu prakerja tidak memberikan manfaat apa pun. Kartu Prakerja ini terkesan dipaksakan,” ujar Uchok kepada JawaPos.com, Selasa (21/4).

Dia melihat yang diuntungkan dari program kartu prakerja bukanlah pekerja yang terkena dampak Covid-19. Melainkan, vendor penyedia modul pelatihan.“Program kartu prakerja tidak aktual. Buruh atau pekerja yang di-PHK tidak mendapatkan keuntungan sama sekali dari program kartu prakerja. Saya minta program tersebut dibatalkan saja,” imbuhnya.

Seharusnya, imbuh dia, kartu prakerja itu diberikan pemerintah dalam bentuk uang tunai. Modul pelatihan prakerja itu banyak terdapat google dan gratis,” terang Uchok. Begitu juga dengan kebijakan Omnibus Law RUU Cipta Kerja. Uchok melihat tidak ada urgensinya sama sekali pemerintah membahas aturan tersebut dengan DPR. Seharusnya pemerintah fokus dahulu pada penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Tampaknya saat ini yang terjadi adalah pemerintah melakukan provokasi buruh dan masyarakat untuk turun ke jalan. Jika sampai buruh terprovokasi, maka ini kesalahan pemerintah sendiri,” terang Uchok.

Uchok mensinyalir ada pihak tertentu yang memiliki kepentingan besar di balik berjalanannya program kartu prakerja dan pembahasan RUU Cipta Kerja saat ini. Sebab, kedua program itu terkesan dipaksakan dilaksanakan pada kondisi pandemi covid-19. “Kalau tidak ada pihak yang berkepentingan, tentunya pembahasan RUU Cipta Kerja dapat ditunda hingga Covid-19 ini tuntas. Kartu prakerja dibuat dalam bentuk lebih konkret bagi pekerja yang terkena PHK,” katanya. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy