Trendingnya Lagu Aisyah Istri Rasulullah, Oleh: Aswar Samaila – Kendari Pos
Opini

Trendingnya Lagu Aisyah Istri Rasulullah, Oleh: Aswar Samaila

KENDARIPOS.CO.ID — Lagu ini lagi trending di youtube. Unik dari lagu setelah dirilis tahun 2017 lalu dibawah naungan label Media Asia Production Sdn Bhd atau Map Music (Malaysia) Sementara pencipta dan penulis lirik lagu “Aisyah” adalah Razif bin Zainuddin dari Projector Band. Lagu tersebut dinyanyikan ulang dan liriknya digubah menjadi versi religi oleh Youtuber Malaysia bernama Hasbi Haji Muh Ali alias Mr. Bie. Video cover tersebut kemudian ia unggah di akun YouTube miliknya bernama Mr Bie pada Agustus 2017, justru trending oleh youtuber Indonesia tahun 2020. Bahkan beberapa cover youtuber lagu ini seperti Syakir Daulay (28 juta viewer), Nisa Sabyan (26 juta viewer) jauh mengalahkan Hasbi Haji Muh Ali (600 ribu viewer).

Saya ini tidak sedang menganalisis sebuah lagu, karena saya juga bukan musisi. Menarik dari satu kejadian ini, dalam dunia maya yang asli bisa jadi terlewati dengan sesuatu yang arransement ulang atau lebih populer di youtube disebut cover. Lagu ini bernilai ekonomi, ada hak lisensi dari karya tersebut, fenomenanya penghasilan dari cover youtuber Indonesia tersebut mengalahkan penghasilan dari penyanyi aslinya. Itulah fenomenanya.

Saya mengaitkannya dengan bahasan Rhenald Kasali dalam beberapa bukunya dengan kata disruption. Beliau menggambarkan bagaimana transportasi online melibas transportasi konvensional. Kita sebutlah seperti Grab atau Gojek menggerus keuntungan dari Taksi seperti Bluebird atau taksi lokal seperti Ade Taksi, Agung Taksi atau fenomena beberapa saat lalu ketika Traveloka sebagai penyedia tiket pesawat online yang tidak memiliki armada pesawat pernah mengalahkan pendapatan dari Garuda Airlines.

Ini kejadian apa sebenarnya, mungkin inilah pergerakan hidup manusia. Seolah perubahan manusia menemukan bentuk kehidupan sangat dinamis. Kecenderungan, kebiasaan, pola hidup, pola kerja tidak bisa lagi dianggap statis. Tapi beginilah situasinya, sinyal bagi kita bahwa membaca situasi alam menjadi satu ilmu baru yang harus kita miliki. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy