Tony Herbiansyah Target Kembangkan 1.000 Hektare Shorgum Tiap Kecamatan – Kendari Pos
Kolaka Timur

Tony Herbiansyah Target Kembangkan 1.000 Hektare Shorgum Tiap Kecamatan

Bupati Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah saat meninjau pembangunan bendungan Mokeseo.

KENDARIPOS.CO.ID — Hari ini, penanggalan 22 April 2020, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) genap berusia tujuh tahun. HUT kali ini sungguh berbeda dengan HUT tahun-tahun sebelumnya. Tak ada seremoni peringatan HUT. Tak ada euforia menyambut HUT akibat pandemi virus korona.

Sejak lahir dari induknya, Kabupaten Kolaka tujuh tahun silam, Kabupaten Koltim dinakhodai Tony Herbiansyah sebagai penjabat bupati dan menjadi bupati definitif melalui proses demokrasi, pemilihan langsung tahun 2015 lalu.

Sudah banyak torehan prestasi dan karya pembangunan yang dipersembahkan Bupati Tony Herbiansyah selama menakhodai Koltim. Tony Herbiansyah paripurna membangun daerah pada semua sektor. Pembangunan sumber daya manusia dilakukan melalui sektor pendidikan dan kesehatan. Sarana dan prasarana disediakan. Ruang kelas dan sekolah baru dibangun. Puskesmas tersebar pada semua kecamatan. Plus peralatan medis memadai digelontorkan.

Tony Herbiansyah tak ingin setengah-setengah membangun daerah berjuluk Wonua Sorume itu. Infrastruktur jalan dan jembatan dibangun. Jalan dipoles dengan balutan aspal. Wilayah terisolir di Kecamatan Uesi dan Uluiwoi kini terkoneksi dengan ibu kota kabupaten. Dapat ditempuh 2 hingga 3 jam saja. Sebelumnya, akses di dua kecamatan itu sangat susah. Jaringan listrik segera rampung sampai di Kecamatan Uesi.

Membangun daerah dengan mengusung visi dan misi berbasisi agrobisnis berdaya saing melalui sektor pertanian. Bantuan alat mesin pertanian terus mengalir dari tahun 2016-2019. Bantuan bibit kakao dan hortikultura disalurkan ke masyarakat. Tahun 2019, Koltim mencapai surplus beras sekira 61 ribu ton. “Sukses itu ditopang bantuan memadai seperti pupuk organik, alsintan, pembangunan jalan usaha tani pada 37 lokasi. Semuanya terdistribusi merata,” ujar Bupati Kolti, Tony Herbiansyah kepada Kendari Pos, Selasa (21/4) kemarin.

Mantan Wakil Bupati Konawe itu menjelaskan target pembangunan di sektor pertanian pada tahun 2020 yakni pengembangan tanaman shorgum. Saat ini sudah 45 hektar tanaman sorgum dikembangkan. “Ditargetkan setiap kecamatan kembangkan 1.000 hektare shorgum,” ungkapnya.

Pada sektor perumahan dan kawasan permukiman, sekira 273 unit bantuan perumahan stimulan swadaya disalurkan. Selain itu, tujuh unit bantuan PLTS 7 unit, 567 unit PLTMH, PLTD, LPJU disalurkan. “Saya membangun dari nol dengan meletakan dasar pembangunan di Koltim. Infrastruktur jalan sepanjang 452 kilometer sudah terealisasi, 110 kilometer jalan telah diaspal.

Jembatan sebanyak 97 unit, saluran drainase di 14 titik, dueker plat 75 unit, box culvert 64 unit di desa. Selain itu, bangunan perkantoran, rujab dan mess sebanyak 49 unit. Bendungan tiga unit (di Poli-polia, Mowewe dan Loea), SPAM sebanyak 16 unit. Semua sekolah sudah kita bangun bahkan jauh lebih layak. Fasilitas kesehatan juga kita genjot,” beber Tony Herbiansyah.

Bupati Koltim pertama ini menjelaskan, sebagai peletak dasar pembangunan daerah ia selalu berpikir agar masyarakat bisa bebas dari daerah terisolir dan terentaskan dari kemiskinan.

Tentu pembangunan infrastruktur dan pertanian harus merata. “Ini semua adalah upaya kita memberikan kesejahteraan masyarakat. “Saya berharap semua ASN dan masyarakat Koltim bahu membahu membangun agar Koltim semakin makmur dan masyarakat sejahtera,” kata mantan Ketua BKD Provinsi Sultra itu. (kus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy