Tiga Kecamatan di Konut Segera Nikmati Akses Telekomunikasi – Kendari Pos
Konawe Utara

Tiga Kecamatan di Konut Segera Nikmati Akses Telekomunikasi

Ilham

KENDARIPOS.CO.ID — Janji untuk meretas keterisolasian jaringan telekomunikasi di area blank spot, direalisasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut). Tahapan pembangunan menara mulai dilakukan. Distribusi bahan pembangunan menara dari Pulau Jawa mulai didatangkan dari pihak rekanan. Kepala Bidang Informatika pada Dinas Kominfo Konut, Ilham, menuturkan, progres pembangunan jaringan mulai dilaksanakan awal bulan ini. Ada tiga titik pembangunan menara pada tiga kecamatan.

“Yakni Desa Andedao di Kecamatan Asera, Desa Puhialu di Kecamatan Oheo serta Desa Wawolesea di Kecamatan Wawolesea. Bulan ini akan direalisasikan. Pembebasan lahan sementara dilangsungkan,” ujar mantan Kabid Komunikasi Dinas Kominfo itu, akhir pekan lalu. Alumni FISIP Universitas Halu Oleo itu menguraikan, dana yang digelontorkan untuk pembangunan tiga titik menara telekomunikasi berasal dari APBD Konut. Hal itu merupakan kebijakan Bupati, Ruksamin, dalam menuntaskan persoalan keterisolasian telekomunikasi jaringan di area blank spot.

“Satu titik pembangunan menara telekomunikasi menyedot anggaran Rp 900 juta. Bila dikalkulasi sekitar Rp 2,7 miliar yang digunakan untuk pembangunan menara. Jadi, menara itu nanti akan menjadi milik Pemkab bukan swasta,”ujar Ilham. Untuk peralatan pembangkit jaringan seperti fiber optik, instrumennya telah ada di kantor Dinas Kominfo. Kendala saat ini, distribusi barang berupa besi terhambat bias dari penyebaran Covid-19. Namun hal tersebut telah teratasi.

“Dari hasil video conferens yang dilakukan oleh Pemkab Konut, Mendagri dan KPK baru-baru ini, diketahui jika pengiriman barang dibolehkan, apalagi untuk tujuan kebutuhan pokok bagi daerah. Dengan ketentuan orang yang membawa barang harus dilakukan pengawasan secara ketat,” urai Ilham. Nantinya, menara telekomunikasi telah terbangun, dengan sendirinya arus komunikasi dalam urusan pemerintahan akan membaik. Terutama di daerah yang memang belum tersentuh jaringan secara menyeluruh. Seperti Kecamatan Wawolesea, Oheo dan Asera.

“Kedepan, desa-desa yang masih blank spot jaringan akan dituntaskan pembangunannya. Agar masyarakat dapat menikmati arus komunikasi dengan keluarga yang jauh dari Konut. Ini semua tak terlepas dari dukungan dan kebijakan dari Bupati Pak Ruksamin untuk menghadirkan menara telekomunikasi untuk masyarakat,” pungkasnya. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy