Terakreditasi, Puskesmas di Buton Harus Tingkatkan Pelayanan – Kendari Pos
Buton

Terakreditasi, Puskesmas di Buton Harus Tingkatkan Pelayanan

La Bakry


KENDARIPOS.CO.ID — Kabupaten Buton memiliki 14 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar pada tujuh kecamatan. Tahun 2020 ini semua Puskesmas itu sudah terakreditasi. Sebuah capaian luar biasa bagi layanan kesehatan di daerah eks Kesultanan Buton tersebut. Bupati Buton, La Bakry, mengatakan dengan terakreditasinya semua Puskesmas di otoritanya, maka semangat pelayanan harus lebih ditingkatkan. Sebab, kesehatan adalah kebutuhan dasar masyarakat.

“Puskesmas kita sudah terakreditasi. Sesuai ketentuan pusat bahwa semua puskesmas itu sekarang harus terakreditasi. Dan kita sudah memenuhi itu. Tentu ini spirit untuk terus meningkatkan pelayanan kita,” katanya, kemarin.
Lanjut Bupati, tahun ini Pemkab juga akan menambah dua Puskesmas di Kecamatan Lasalimu. Satu unit rehab berat dan lainnya lagi bangun baru. “Lasalimu itu luas, jadi Puskesmas tidak boleh hanya satu. Makanya kita bangun lagi tahun ini, anggarannya dari DAK kesehatan,” tambah La Bakry.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, H. Djufri, mengatakan, saat ini pihaknya sudah memiliki tiga Puskesmas dengan akreditasi utama. Ketiganya adalah Puskesmas Lawele, Puskesmas Kumbewaha dan Puskesmas Wajah Jaya. “Yang membanggakan dan harus dipublis itu bahwa kita punya Puskesmas itu sudah terakreditasi semuanya. Bahkan dari 14 Puskesmas tiga sudah terakreditasi utama,” katanya.

Sementara itu Puskesmas Wabula, Banabungi, Pasarwajo dan Lasalimu Selatan mendapatkan akreditasi madya. Lalu Puskesmas Kapontori, Tuangila, Barangka, Wakaokili, Wolowa, dan Siotapina masih akreditasi dasar. “Kita berkomitmen, setiap ada momentum akreditasi, Puskesmas kita bisa naik tingkat,” pungkasnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy