Tarik Kendaraan Tanpa Surat Fidusia, Kena Pasal Perampasan – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Tarik Kendaraan Tanpa Surat Fidusia, Kena Pasal Perampasan

AKBP La Ode Proyek

KENDARIPOS.CO.ID — Petugas leasing jangan asal menarik kendaraan. Bila tak sesuai prosedur, mereka bakal kena pasal perampasan. Di tengah pandemi covid-19, pemerintah pusat kembali memperingatkan dan melarang debt collector untuk melakukan penarikan kepada konsumen yang menunggak kredit.

Kabid Humas Polda Sultra, AKBP La Ode Proyek meminta petuas leasing tak melakukan penarikan tanpa izin Surat Fidusia. Karena hal itu merupakan pelanggaran dan bisa berdampak Pidana. Sejauh ini, laporan soal penarikan kendaraan yang dilakukan debt collector memang sering terjadi. Namun untuk saat ini, semuanya bisa diselesaikan secara damai.

“Saya sudah koordinasi sama penyidik soal hal ini. Memang ada juga laporan, tapi rata-rata diselesaikan secara kekeluargaan. Kalau debt collector yang melakukan perampasan. Silahkan dilapor saja ke kepolisian,” tuturnya

Penarikan yang dilakukan Debt Collector tergantung dengan kondisi yang ada. Jika para Debt Collector membawa surat penarikan fidusia maka dinyatakan legal. Artinya sesuai dengan aturan. Namun, apabila melakukan perampasan tanpa membawa surat fidusia, bisa dikenakan pasal Perampasan karena itu nbagian dari tindak pidana.

“Penarikan kendaraan harus dilakukan sesuai aturan. Misalkan dengan membawa surat fidusia yang menjadi dasar penarikan kendaraan. Kalau misalkan tidak membawa izin fidusia, bisa dikenakan dengan pasal perampasan,” tandas Kabid Humas Polda Sultra, AKBP La Ode Proyek. (c/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy