Target Penerimaan Pajak Daerah Meleset, Realisasi Triwulan I Hanya Rp 31 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Target Penerimaan Pajak Daerah Meleset, Realisasi Triwulan I Hanya Rp 31 Miliar

Sulkarnain

KENDARIPOS.CO.ID — Realisasi penerimaan pajak Pemkot Kendari triwulan I meleset. Hingga akhir Maret, sektor ini baru menyumbang Rp 31 miliar dari target Rp 55 miliar. Melesetnya target pemerintah ini dipengaruhi kondisi ekonomi pasca mewabahnya virus Corona. Sektor perhotelan, hiburan dan restoran selama ini menjadi sumber pajak daerah kini sepi.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengaku akan mendiskusikan dengan jajaran untuk mencari solusi agar para pengusaha tidak terbebani dengan pajak saat ini. Apalagi sejumlah usaha perhotelan dan rumah makan ditutup. Oleh karenanya, Sulkarnain meminta kepada para pengusaha untuk tetap tenang, mengingat saat ini pihaknya fokus dulu menangani masyarakat akibat penerapan Social Distancing.

“Dalam satu atau dua minggu baru kita bahas. Kami punya skala prioritas. Kami utamakan dulu yang mendesak ini yang memang darurat untuk kita tangani sesegera mungkin yakni mereka yang membutuhkan bantuan pangan. Kalau teman-teman yang lain (pengusaha) kami setelahnya. Kami intens komunikasi kok. Nanti kami akan diskusikan. Saya tidak bisa putuskan nanti dibilang PHP. Kalau sudah clear nanti kebijakannya baru kita umumkan,” kata Sulkarnain.

Kepala Badan Pengelola Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Kendari, Sri Yusnita mengatakan penyebaran viros corona mempengaruhi penerimaan pajak daerah. Pengaruh tersebut sudah terasa ditriwulan ini. Di triwulan I, seharusnya telah mencapai Rp 55 miliar. Namun hanya mampu meraup sekira Rp 31 miliar saja atau sekitar 13,89 persen dari target pajak 223 miliar tahun ini.

“Wabah ini (COVID-19) sangat mempengaruhi realisasi penerimaan pajak kita. Pajak hotel, hiburan, restoran dan parkir paling terdampak. Sekarang ada beberapa hotel dan rumah makan yang tutup karena tidak adanya transaksi. Nah, tidak adanya transaksi maka otomatis tidak ada pajak. Karena pajak itu ada karena adanya transaksikan,” tuturnya, kemarin.

Ditanya soal kebijakan pemberian keringanan bagi para wajib pajak ditengah merebaknya wabah COVID-19, Sri Yusnita mengaku menyerahkan sepenuhya kepada Pemkot dalam hal ini kebijakan Wali Kota Kendari. “Semua sudah ada aturan dan Undang-undangnya. Sehingga jika terkait kebijakan, tentunya kita menunggu instruksi pimpinan (Wali Kota). Meski begitu, kami berharap penyebaran COVID-19 bisa teratasi sehingga PAD daerah bisa lebih dimaksimalkan lagi,” bebernya. (b/ags)

Target Pajak Triwulan I
Realisasi Target
Rp 31 Miliar Rp 55 Miliar

Target Tahun 2020
Realisasi Target
13,89 persen Rp 223 Miliar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy