Tangkal Korona, Pemkab Konut Siapkan APD dan Paket Sembako – Kendari Pos
Konawe Utara

Tangkal Korona, Pemkab Konut Siapkan APD dan Paket Sembako

KENDARIPOS.CO.ID — Sepak terjang Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin menjaga pertahanan wilayahnya dari ancaman virus korona sangat masif. Sedikit bicara dan banyak kerja. Intensitas rapat koordinasi hanya sekali dua kali.

Bupati Konawe Utara (Konut), Dr.Ruksamin (tiga dari kanan) dan Kapolres Konut, AKBP Achmad Fathul Ulum (empat dari kanan) bersama tim gugus tugas turun langsung ke lapangan melakukan pencegahan penyebaran virus korona, Jumat (3/4).

Ruksamin lebih banyak menunjukkan aksi nyata memangkas potensi penyebaran virus korona di lapangan. Tak hanya sekadar menelurkan instruksi dan kebijakan, Ruksamin getol “turun gunung”. Dia mendesain perimeter pertahanan agar tak diijebol “musuh” nyata tak kasat mata bernama virus korona.

Sebut saja, mengecek kesiapan tim medis meski belum ada kasus positif korona di daerah berjuluk Bumi Oheo itu. Ruang isolasi dan alat pelindung diri (APD) tim medis RS Konut disiapkan. Wilayah perbatasan di perketat. Setiap pelintas harus menjalani prosedur penyemprotan disinfektan.

Fasilitas umum, kawasan perkantoran Pemkab Konut, rumah-rumah warga dan jalan protokol tak luput dari penyemprotan disinfektan.
Stok logistik berupa bahan makanan untuk masyarakat dipastikan selalu cukup.

Ruksamin tak pernah sendirian bergerak.Derap langkahnya menjaga pertahanan wilayahnya dari bergerak dinamis. Sebagai ketua gugus tugas pencegahan virus korona, Ruksamin selalu berada di garda terdepan, bersama Kapolres Konut, AKBP Achmad Fathul Ulum, Ketua DPRD Konut dan forkopimda lainnya melakukan aksi nyata.

Bupati Konut, Ruksamin tak ingin hanya duduk di balik meja kerja dan menerima laporan anak buahnya. Turun tangan secara langsung melawan potensi virus korona merupakan bentuk kepedulian dan dan kecintaannya terhadap masyarakat Konut. “Saya harap seluruh masyarakat tetap mengikuti arahan pemerintah. Biarkan kami bekerja untuk kalian. Warga dirumah saja,”ujar Bupati Konut, Ruksamin saat memimpin aksi nyata sterilisasi wilayah di depan Mapolsek Sawa, Jumat (3/4).

Instruksi Bupati Konut, agar masyarakat tetap berada didalam rumah. Pemda telah menyiapkan jurus jitu bagi warga dengan mengadakan paket sembako. Dari hasil pendataan terdapat, 19.062 kepala keluarga yang akan menerima paket sembako dari Pemda selama massa massa pencegahan virus corona.

Selain itu, Pemda Konut juga telah melakukan pemasangan gerbang sterilisasi atau bilik penyemprotan disinfektan bagi kendaraan roda dua dan empat saat melintas diwilayah Konut. Gerbang sterilisasi ditempatkan ditiga titik berbeda. Diantaranya simpang tiga Belalo Kecamatan Lasolo (Perbatasan Konut-Konawe, depan Polsek Sawa Kecamatan Sawa (jalur masuk Konut) serta simpang tiga Desa Polora Kecamatan Langgikima (Jalur Perbatasan Konut-Morowali, Sulteng).

Pembangunan bilik sterilisasi yang ditempatkan ditiga titik masuk Konut guna memantau dan menganstisipasi penyebaran Covid-19. Sehingga semua kendaraan yang melintas wajib dilakukan penyemprotan cairan disinfektan. “Meski hujan-hujan sekitar pukul 21.30 Wita, kami berupaya menuntaskan pemasangan bilik sterilisasi,”ungkap Ruksamin.

Tak hanya kendaraan yang disemprot disinfektan lewat bilik sterilisasi yang telah terpasang. Pengendara juga akan dilakukan pengecekan suhu tubuh sebelum melanjutkan perjalanan. Ruksamin pun memberikan permohonan maaf bagi warga, karena perjalanannya sedikit terganggu. “Ini kita lakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19,”pungkasnya.

Ketua Komisi I DPRD Konut, Herman Sewani mengapresiasi kinerja dan langkah tepat kebijakan Pemda Konut dalam melakukan pemutusan virus korona di Konut. Tak hanya mengeluarkan instruksi, namun Bupati Konut, Ruksamin turut terlibat dilapangan secara langsung dalam pemantauan pencegahan.

“Kami mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh Pemda dalam pencegahan ditengah wabah korona. Ini membuktikan dedikasi seorang bupati tangguh dalam upaya memberikan perlindungan kesehatan bagi segenap warga Konawe Utara dari wabah corona,”ujar Ketua DPC PBB Konut itu.

Politikus Dapil I itu menyarankan seluruh komponen masyarakat bahu membahu mengikuti anjuran Pemda Konut dalam upaya pencegahan, mengingat dampak virus korona yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Herman Sewani juga menyambut baik upaya pelarangan perjalanan dinas dikalangan pejabat ASN lingkup Pemkab Konut dan penyemprotan disinfektan serentak diseluruh rumah penduduk. Termasuk penyemprotan cairan disinfektan bagi setiap kendaraan yang keluar masuk Konut. Hingga menyiapkan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis dalam upaya perlindungan.

“Upaya yang dilakukan oleh Pemda Konut dibawah kendali Ruksamin merupakan bentuk komitmen dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi warga. Ini patut kita dukung dan berikan aplaus pada pemerintah dan jajaran, karena tanggap terhadap bencana non alam,”pungkasnya. (min/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy