Tanah Pulau Kaledupa Berpotensi Tumbuh Padi, Dinas Pertanian Usul Anggaran ke Pusat – Kendari Pos
Wakatobi

Tanah Pulau Kaledupa Berpotensi Tumbuh Padi, Dinas Pertanian Usul Anggaran ke Pusat

Sarifudin, petani asal Kelurahan Wanci, Kecamatan Wangiwangi yang berhasil menanam padi pada bulan Januari dan memanen pada April ini. Potensi persawahan mulai dilirik Pemkab Wakatobi.


KENDARIPOS.CO.ID — Salah seorang warga Kelurahan Wanci, Kecamatan Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi bernama Syarifudin (50) berhasil menanam dan mengembangkan padi. Meski hanya coba-coba, usahanya untuk menanam padi pada bulan Januari lalu membuahkan hasil hingga proses panen. Tahun ini, Dinas Pertanian Kabupaten Wakatobi akan mengusulkan anggaran untuk menanam padi di Desa Sombano, Pulau Kaledupa. Sebanyak 150 hektare tanah di wilayah itu berpotensi ditumbuhi padi. Sudah ada peneltian dan bahkan hampir sempat direalisasikan. Sayang, dukungan sarana dan prasarana kurang memadai.

“Potensi ditumbuhi padi ada sekitar 150 hektare. Tapi, akan kita usulkan tahun depan itu sebanyak 60 hektare dulu, karena ini untuk pertama kalinya. Yang paling penting itu traktor dan eksavatornya,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Tamrin, kemarin. Ia menyebut usulan ini tentu untuk anggaran tahun 2021 mendatang. Jika direalisasikan maka tidak menutup kemungkinan akan berhasil.

“Salah seorang petani kita di Wanci sudah coba-coba karena beliau dari Jawa Barat. Ternyata dibekali pengalaman dan kita bantu sarana, alhamdulillah berhasil. Ini yang sementara kita upayakan di Pulau Kaledupa karena di sana cukup berpotensi,” tambahnya. Selain di Kaledupa, beberapa lahan di Wangiwangi juga punya potensi yang sama. Jika dihitung-hitung ada sekitar 30 hektare yang berpotensi. “Kita berharap Pemerintah Pusat mendukung. Apalagi sudah ada yang berhasil seperti ini,” pungkasnya. (c/thy)

1 Comment

1 Comment

  1. Anonim

    3 Jun 20 13:42 at 13:42

    Suatu usulan yg baik,dan perpihak kemasyarakat,semoga usulan ini cepat terwujud untuk masyarakat pengangguran dikaledupa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy