Tak Terima Bansos, Dapat BLT Rp 600 Ribu/Bulan – Kendari Pos
Nasional

Tak Terima Bansos, Dapat BLT Rp 600 Ribu/Bulan

Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara

KENDARIPOS.CO.ID — Selain paket bantuan khusus (Bansos) yang diberikan ke masyarakat miskin. Pemerintah juga akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Nominalnya sebesar Rp 600 ribu per kepala keluarga. “Jadi Presiden juga menyetujui usulan kami untuk memberikan bantuan langsung tunai selama tiga bulan dengan ineks Rp 600 ribu per keluarga,” ujar Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara usai rapat dengan Presiden Jokowi, Selasa (7/4).

Pemberian BLT tersebut untuk keluarga miskin akan dilakukan bulan April 2020 ini. “Rencana kami akan dilakukan secepatnya mulai bulan ini,” katanya.

Juliari menuturkan, masyarakat yang berhak mendapatkan BLT tersebut adalah mereka yang belum menerima bantuan sosial apapun dari pemerintah. Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan non Tunai, Kartu Pra Kerja dan juga yang lainnya.“Jadi penerimanya adalah keluarga yang belum terima bansos,” ungkapnya.

Menurut Juliari, pihaknya telah mempunyai data keluarga miskin yang akan menerima BLT tersebut. Termasuk Kementerian Sosial (Kemensos) juga akan meminta data tambahan dari pemerintah daerah (Pemda).

”Kita sudah meminta data tambahan dari Pemda-Pemda yang selama ini kepala keluarga yang tidak menerima bansos. Selain keluarga miskin di wilayah Jabodetabek, BLT juga akan disebar di wilayah lain di luar Jabodetabek,” paparnya.

Sebelumnya, Mensos Juliari Batubara mengatakan, sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) masyarakat miskin akan mendapatkan bantuan sosial (Bansos) berupa sembako seniai Rp 600 ribu per keluarga.

Bansos ini menurut Juliari sebagai kompensasi bagi masyarakat miskin yang terdampak virus Korona atau Covid-19 yang saat ini sedang mewabah di Indonesia. “Akan ada bansos khusus dari presiden berupa paket sembaki dengan nilai Rp 600 ribu per keluarga,” ?ujar Juliari.

Menurut Juliari, masyarakat yang akan mendapatkan bansos sembako ini untuk mereka yang tinggal di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Kota dan Bekasi. Bansos berupa sembako ini akan dilakukan selama tiga bulan. Terhitung bansos tersebut diberikan pada bulan April 2020 ini. (jpg)

1 Comment

1 Comment

  1. Edi rahman

    23 Apr 20 15:04 at 15:04

    Yth,,,Bpk Gubernur & Bpk Bupati.Konawe sulaweai Tenggara.
    Hari,kamis,tggl.23-04-2020.saya
    Nama:Edi rahman
    Alamat:Desa walay,kec Abuki,Kab Konawe
    Status:kawin
    Anak:1 satu
    Dengan ini saya menyampaikan bahwa tolong pemerintah Sulawesi Tenggara,Propinsi serta Kabupaten Konawe,,Harap di tegaskan dan di pantau lansung jajaran pak Gubernur & Bupati KONAWE khususnya Desa Walay ini tentang pemberian/pendataan masyarakat terhadap Bantuan lansung tunai (BLT)dari pemerintah Pusat..saya sebagai masyarat miskin yang terdampak pandema Covid 19,serta saya juga yang terkategori PHK,kariawan di satu perusahan..
    Kini saya merasa sangat kecewa dan ketidak adilan terhadap pemerintah setempat khususnya di Desa Walai ini terutama pak Desa,Rt,Rw.keti pada saat pendataan masyarakat hari senin,20-04-2020.pemerintah setempat tidak datang di rumah saya untuk mendata,padahal tetangga di seblah rumah saya teraftar pendataan semua,pada hari itu juga saya lansung melapor dan bertanya lansung ke Pak desa setempat,katanya orang seperti saya tidak layak dapat BLT,di karnakan saya,istri dan anak saya masih tinggal satu rumah sama kedua orang tua saya.alasanya di karnakan Orang tua saya sudah dapat bantuan PKH,jadi tidak wajib lagi saya dan Istri mendapatkan bantuan BLT,,,!
    Saya rasa cukup sampai di sini sahaja dulu keluhan saya Terhadap Pemerintah Pak Gubernur & Pak Bupati.KONAWE..
    Apa yg terjadi di Desa Walay ini harapan segera di tindak lanjuti…🙏

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy