Tak ada Euforia Pesta, HUT ke-56 Sultra Dirayakan Sederhana – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Tak ada Euforia Pesta, HUT ke-56 Sultra Dirayakan Sederhana

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi (tengah), Wakil Gubernur Sultra, H. Lukman Abunawas (kiri), Ketua DPRD Sultra H. Abdurrahman Shaleh (kanan) dalam kegiatan HUT Sultra secara sederhana di Rujab Gubernur Sultra, Senin (27/4). Dihadapan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) gubernur menyampaikan pidato singkat.

KENDARIPOS.CO.ID — 27 April kemarin, Provinsi Sultra genap beusia 56 tahun. Tak ada upacara peringatan HUT Sultra. Tak ada expo (pameran) pembangunan yang saban tahun digelar Pemprov Sultra. Sama sekali tak ada euforia pesta.

Peringatan HUT hanya diisi dengan acara sederhana akibat adanya pandemi virus korona (Covid-19). Pemprov Sultra hanya menggelar doa bersama di aula Mokodompit. Doa agar daerah ini tetap jaya dan semakin maju kedepan. Gubernur Sultra, Ali Mazi mengungkapkan peringatan HUT Sultra tanpa acara meriah bukan berarti melupakan impian para leluhur saat mendirikan Sultra sebagai sebuah provinsi. Namun karena adanya wabah virus korona yang mengharuskan penerapan social distancing.

“Semoga dengan usia matang ini, Sultra semakin maju dan mandiri dalam mencapai pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sekali lagi Dirgahayu Sultraku,” ujar saat menyampaikan pidato HUT Sultra di Rujab Gubernur Sultra melalui video conference, Senin (27/4).

Menurutnya, semangat yang ditanamkan harus tetap bergelora untuk mewujudkan mimpi yang telah diimpikan oleh para pendiri dahulu. Perjuangan daerah dan masyarakat Sultra saat ini tidak hanya pada persoalan pembangunan. Perjuangan sesungguhnya ada di depan mata, yakni terbebas dari musibah wabah virus (Covid-19). “Solidaritas, bahu membahu menjadi kebutuhan utama saat ini. Kita melawan covid-19 ini bukan hanya tugas pemerintah semata, namun juga peran aktif masyarakat dan seluruh lapisan sangat diperlukan,” tuturnya.

Dalam acara yang dihadiri Wakil Gubernur, Ketua DPRD Sultra dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Gubernur Sultra Ali Mazi menuturkan Pemprov Sultra berupaya maksimal melakukan percepatan penanganan wabah Covid-19. “Sejak tanggal 13 Maret 2020 Peraturan Presiden nomor 7 tahun 2020 dikeluarkan, sikap tegas dengan cepat kita tindaklanjuti dengan membentuk tim gugus tugas pada 14 Maret 2020,” ungkapnya.

Upaya demi upaya dilakukan, termasuk relokasi anggaran dan refocusing . “Hingga akhirnya disepakati angka Rp 400 miliar untuk percepatan penanganan Covid-19. Sekira Rp 325 untuk penanganan kesehatan, social safety net (jaring pengaman sosial) dan pemulihan dampak ekonomi. Sedangkan Rp 75 miliar lainnya dianggarkan sebagai dana tak terduga. Dan semua itu sudah berjalan,” jelas Ali Mazi.

Tidak hanya itu, dalam hal percepatan penanganan covid-19, Pemrpvo Sultra mendapat sokongan bantuan dari pemerintah pusat dan pihak swasta. “Alat kesehatan hingga bantuan sembako telah banyak diterima Pemprov Sultra. Bantuan ini berkaitan dengan kepastian data yang layak menerima. Untuk itu, saya pastikan bantuan akan didistribusikan merata sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah,” kata Ali Mazi. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy