Tahun Ini, 25 Tower Telekomunikasi Dibangun di Muna – Kendari Pos
Muna

Tahun Ini, 25 Tower Telekomunikasi Dibangun di Muna

Dahlan Kelega


KENDARIPOS.CO.ID — Dipastikan, pembangunan 25 unit tower telekomunikasi atau BTS (base transceiver station) akan dilakukan tahun ini di Muna. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menyebut, program tersebut berasal dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI tentang penguatan jaringan telekomunikasi wilayah kepulauan. Pembangunannya segera dikerjakan namun masih terhambat upaya penanggulangan Covid-19.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Muna, Dahlan Kelega, menerangkan, program tersebut merupakan usulan Pemkab sejak beberapa tahun belakangan. Namun tahap realisasinya baru dapat dilakukan setelah anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun 2020 mengalokasikan dana melalui Kemenkominfo. “Kami usul lewat Provinsi. Ternyata disahuti langsung oleh pusat,” terangnya, Selasa (31/3).

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Muna itu menambahkan, pembangunan tower telekomunikasi itu seluruhnya dibiayai oleh negara. Sedangkan penggunaanya nanti boleh diakses oleh provider swasta selain Telkomsel. Untuk penempatan lokasi tower tersebut masih menunggu hasil survei yang akan dilakukan langsung tim Kemenkominfo. “Survei itu masih ditunda karena wabah Covid-19,” paparnya.

Ia menjelaskan, 25 unit tower yang dibangun tersebut akan meningkatkan kapasitas jaringan telekomunikasi di Muna. Untuk sementara, bandwith atau kekuatan lontaran jaringan dari 62 tower yang ada saat ini baru mencapai 180 megabith per sekon. Menurutnya, kapasitas itu masih belum memadai untuk mendukung aktifitas usaha maupun komunikasi masyarakat. “Kalau ini sudah jadi, jaringan 4G tidak akan tersendat lagi di Muna,” imbuhnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy