Taat Instruksi, Sulkarnain Apresiasi Warga Kendari – Kendari Pos
Metro Kendari

Taat Instruksi, Sulkarnain Apresiasi Warga Kendari

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain mengapresiasi respons warga Kota Kendari terhadap pembatasan aktivitas di luar rumah mulai tanggal 10-12 April. Selama tiga hari, Kota Kendari benar-benar lengang. Warga Kota Lulo mematuhi instruksi Wali Kota dan memilih berdiam di rumah. Sikap ini menunjukan warga Kota Lulo punya kepedulian besar memutus mata rantai penyebaran virus korona.

“Saya mengapresiasi seluruh masyarakat Kota Kendari yang telah mematuhi instruksi pemerintah untuk berada di rumah saja (stay at home) selama tiga hari. Kebijakan ini sepenuhnya kami lakukan untuk mengatasi situasi saat ini (pandemi virus korona atau Covid-19),” kata Sulkarnain kepada Kendari Pos, Minggu (12/4) kemarin.

Kendati instruksinya telah berakhir, politisi PKS itu meminta warga Metro Kendari untuk tetap mempertahankan suasana seperti ini. Bagi warga yang tetap keluar untuk memenuhi kebutuhan hidup, Sulkarnain mengingatkan agar menggunakan masker dan menjaga jarak. Rajin-rajinlah mencuci tangan agar wabah ini bisa dicegah.

“Selain itu, masyarakat juga harus selalu menjaga kebersihan diri dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Salah satunya dengan selalu menggunakan alat pelindung diri (masker) baik saat berada di rumah maupun beraktivitas di luar rumah,” kata Sulkarnain.

Warga Kelurahan Anduonohu, Rahmida memuji instruksi Wali Kota Kendari, agar tetap tinggal di rumah (stay at home) selama tiga hari. Menurutnya, langkah yang diterapkan politisi PKS itu sangat tepat untuk menghentikan penyebaran covid-19.

“Kalau bisa kebijakan tersebut terus dilanjutkan sampai Kota Kendari benar-benar steril dari Covid-19. Karena jujur, saya sangat khawatir dan takut,” ujar ibu tiga anak itu.

Sebelumnya, Sulkarnain mengeluarkan instruksi Wali Kota Kendari tentang melakukan total aktivitas di dalam rumah selama tiga hari.

Instruksi nomor 443.1/1233/2020 berisikan tiga poin penting yang wajib dilaksanakan warga metro.

Pertama, warga diminta untuk tidak melaksanakan aktivitas diluar rumah selama tiga hari mulai 10 s/d 12 Maret 2020. Kedua, warga yang masih melaksanakan aktivitas di luar rumah akan dilakukan pemahaman oleh TNI dan kepolisian. Ketiga, selalu memperhatikan physical dan social distancing selama berada dalam rumah serta budayakan PHBS dan mencuci tangan dengan sabun serta memperhatikan etika batuk dan bersin.

Sementara itu, Pemkot dan DPRD Kota Kendari sepakat merealokasi anggaran daerah sebesar Rp 66,6 miliar untuk mengatasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan, anggaran yang direalokasi berasal dari DAK (Dana Alokasi Khusus), minus DAK anggaran pendidikan dan kesehatan.

Selain itu, realokasi anggaran juga berasal dari dana kelurahan, sekretariat dewan, sumbangan Pemprov Sultra dan sumbangan sukarela anggota DPRD Kota Kendari. Anggaran yang direalokasi itu akan digunakan untuk pengadaan alat pelindung diri (APD), perlengkapan alat tes swab RS Kota Kendari, Bantuan Langsung Tunai (BLT) serta bantuan UMKM.

“Masyarakat yang terdampak cukup banyak. Data dari Pemkot ada sekira 2 x 6.948 kepala keluarga (KK) yang terdampak. Itu berarti sekira 12 ribu-13 ribu KK. Ini harus kita bantu. Mudah-mudahan dengan anggaran yang ada ini bisa dibagi rata pada rakyat,” kata Subhan.

Politisi PKS Kota Kendari itu menjelaskan, di internal DPRD anggaran yang direalokasi sebesar Rp 3 miliar. Dana itu berasal dari beberapa alokasi anggaran kegiatan. “Kita pangkas semua (anggaran) kegiatan di DPRD. Tidak ada lagi reses, perjalanan dinas dan bimtek. Saat ini kita sama-sama fokus mencegah wabah virus korona,” tutur Subhan.

Terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambut baik realokasi
anggaran untuk penanganan Covid-19 di Kendari. Meski tidak banyak, Sulkarnain optimis akan mengelola anggaran tersebut dengan baik dan tepat sasaran.

“Ini amanah negara. Kita harus jalankan sesuai prosedur dan peruntukannya. Tak hentinya saya imbau seluruh pihak agar mematuhi protokoler kesehatan pencegahan virus korona. Kalau dipatuhi semua pihak, Insya Allah wabah ini bisa cepat tertangani,”kata Sulkarnain. (rah/ags/m6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy