Surunuddin Resmikan BTS di Laonti Via Vicon, Jaringan Internet Sampai ke Pelosok – Kendari Pos
Konawe Selatan

Surunuddin Resmikan BTS di Laonti Via Vicon, Jaringan Internet Sampai ke Pelosok

Bupati Konsel, H.Surunuddin Dangga (kanan) didampingi Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin meresmikan BTS di Kecamatan Laonti melalui video conference di aula Dinas Kominfo Konsel, Selasa (7/4).


KENDARIPOS.CO.ID — Karya terbaik kembali dipersembahkan Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga. Buah kerja keras Surunuddin Dangga, kini masyarakat Kecamatan Laonti dapat menikmati jaringan telekomunikasi internet maupun telepon seluler. Ditandai dengan peresmian menara Base Transceiver Station (BTS) XL Axiata atau Penguat Signal Telepon Seluler.

Selama bertahun-tahun, masyarakat Kecamatan Laonti seperti terhempas jauh dari peradaban modern. Mereka terisolasi dari akses informasi digital, terisolasi dari maha luasnya cakrawala pengetahuan yang terhampar di dunia internet.

Selama bertahun-tahun pula, masyarakat Laonti tak dapat mengakses moda transportasi darat. Satu-satunya akses ke dunia luar, masyarakat Laonti mengandalkan moda transportasi laut. Semua itu kini hanya menjadi bagian dari masa lalu.

Mereka berada di masa kini dan menuju ke peradaban masa depan. Semua itu berkat polesan tangan dingin seorang Surunuddin Dangga yang getol membangun daerah dari desa dengan jargon “Desa Maju Konsel Hebat”. Janji politik yang sempat terlontar saat Pilkada lalu, perlahan tertunaikan. Bukan sekadar janji, tapi bukti nyata yang dipersembahkan.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga didampingi Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin dan Sekab Konsel, Sjarif Sajang meresmikan menara Base Transceiver Station (BTS) XL Axiata atau Penguat Signal Telepon Seluler di dua tempat sekaligus, yakni di Desa Sangi-sangi dan Desa Laonti, Kecamatan Laonti.

Surunuddin Dangga telah meretas isolasi Kecamatan Laonti dari akses informasi dan komunikasi. Surunuddin membawa Laonti menuju peradaban dunia. Akses informasi dan komunikasi memudahkan masyarakat Laonti menjelajah belahan dunia melalui internet.

Surunuddin Dangga mengungkapkan, peresmian BTS tersebut sebagai bentuk komitmennya dalam membebaskan pulau Laonti itu dari keterisolasian. Sekaligus jawaban dari janji politiknya bersama Arsalim dalam menahkodai daerah yang dikenal lumbung padi kedua setelah Kabupaten Konawe itu.

“Sebelumnya kita telah membuka jalan transportasi darat menuju Laonti. Sekarang, jaringan telekomunikasi yang dapat memudahkan akses telekomunikasi. Ini sesuai komitmen kita (Surunuddin dan Arsalin), yakni penyediaan jaringan internet,” ujarnya saat meresmikan jaringan telekomunikasi melalui Video Conference (Vicon) di aula Dinas Kominfo Konsel, Selasa (7/4).

Peresmian BTS itu menjadi sejarah bagi masyarakat Laonti. Dengan adanya jaringan telekomunikasi tersebut, layanan roda pemerintahan makin lancar meski di tengah pandemi Covid-19. Pelayanan prima bukan lagi menjadi hambatan karena Laonti sudah ditopang dengan jaringan telekomunikasi.

“Ini adalah hari yang bersejarah bagi warga kita di sana. Untuk kali pertama bisa nikmati jaringan seluler dan internet. Dengan jaringan ini, dapat menghemat jarak dan waktu rentang kendali dan koordinasi. Sebelumnya harus menginap dua malam barulah program berjalan di sana. Nah dengan jaringan ini lebih memudahkan kita dalam mengendalikan roda pemerintahan. Meski jaraknya jauh, kini terasa dekat,” ujarnya semringah.

Mantan Ketua DPRD Konsel ini menambahkan, sebenarnya untuk Kecamatan Laonti pihaknya telah mengusulkan empat titik pendirian BTS kepada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Yakni di Desa Namu, Laonti, Sangi-sangi dan Tambolosu.
“Tapi saat ini kita terima dua titik dulu. Ke depan kalau sudah makin besar penggunaannya maka kita naikan kapasitasnya dan kita tambah BTS-nya untuk meliputi semua desa di Laonti,” janji Surunuddin Dangga.

Tak lupa Surunuddin mengucapkan terimakasih kepada BAKTI dan pimpinan XL AXIATA yang telah memberikan fasilitas peningkatan jaringan telekomunikasi di daerah yang dulu jauh dari jangkauan jaringan itu. Termasuk dukungan semua pihak yang turut mendukung terwujudnya program peningkatan layanan pemerintahan di wilayah Konsel yang luas itu.
“Karena bukan saja akses komunikasi yang terpenuhi, akan tetapi memberi dampak ekonomi masyarakat setempat yang mayoritas petani dan nelayan. Mereka kini bisa mengakses informasi harga komoditas pertanian dan perikanan hingga dilevel internasional dari jaringan internet,” tutup Surunuddin. (kam/b)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy