Sumber Pendapatan di Pelabuhan Merosot, Hanya Satu Feri Layani Rute Tobaku-Siwa – Kendari Pos
Kolaka Utara

Sumber Pendapatan di Pelabuhan Merosot, Hanya Satu Feri Layani Rute Tobaku-Siwa

Hingga waktu yang belum dipastikan, penyeberangan Feri Tobaku-Siwa hanya dilayani KMP New Rose. Sebab dua armada lainnya menjalani docking di galangan kapal Makassar.


KENDARIPOS.CO.ID — Kebijakan pembatasan jumlah penumpang yang diberlakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) di Pelabuhan Penyeberangan Tobaku Kecamatan Katoi menuju Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) memberi dampak signifikan pada sumber pendapatan asli daerah (PAD). Ada lima jenis retribusi yang ditarik dari dermaga itu selama ini, kini tak maksimal lagi.

Kepala Dinas Perhubungan Kolut, Junus, menerangkan, lima retribusi yang beredar di kawasan dermaga pelayaran antar teluk itu meliputi pungutan tambat labuh, bongkar muat, parkir, retribusi masuk, karcis penumpang, sewa kios dan penjualan air untuk kebutuhan pasar. Khusus air merupakan aset Pemerintah Desa setempat namun Dishub juga mendapat bagian pada jasa tersebut. “Karcis sangat turun karena penumpang telah dibatasi hanya yang punya kepentingan mendesak saja,” bebernya, Rabu (1/4).

Dibatasinya aktivitas keluar masuk penumpang juga berdampak pada pemasukan para pedagang yang mencari nafkah di kawasan pelabuhan tersebut. Pihak Dishub belum mempertimbangkan keringanan pembayaran iuran lapak pedagang.
Menurut Junus, dermaga Pelabuhan Tobaku dalam setahun memproyeksi pendapatan Rp 1,1 miliar atau Rp 100 juta tiap bulan. Meski telah tersedia penambahan armada feri menjadi tiga unit, untuk saat ini diperkirakan tetap merosot ditaksir 30 persen. “Saat ini sisa armada New Rose beroperasi karena KMP Merak dan New Camellia menjalani docking di galangan kapal Makassar,” paparnya.

Untuk harga tiket tetap normal. Junus juga memastikan jika di dermaga pengawasannya dijamin tidak ada calo yang bisa mengatur harga jual tiket. “Kita hanya berharap dan berdoa semoga wabah Covid-19 segera hilang dan semua bisa kembali pulih sebagaimana biasanya,” pungkasnya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy