Stok Sembako di Mubar Stabil, Harga Makin Labil – Kendari Pos
Muna Barat

Stok Sembako di Mubar Stabil, Harga Makin Labil


KENDARIPOS.CO.ID — Suasana bulan suci Ramadan mulai berlangsung. Kondisi pasar, ketersediaan stok serta harga sembilan bahan pokok (Sembako) menjadi hal yang dicemaskan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa tahun ini, apalagi dalam situasi mewabahnya Covid-19. Menjawab hal tersebut, Kepala Dinas Perindag Muna Barat (Mubar), Pakrun, menjamin semua Sembako tersedia.

Hanya saja diakuinya ada perbedaan harga. Sebab, soal harga itu tergantung dari komoditasnya. “Bawang putih misalnya, kita ketergantungan dari pihak luar. Sebelum Covid-19 itu harganya masih Rp 48 ribu perkilogram. Saat ini naik menjadi Rp 60 ribu. Sementara bawang merah tatap stabil harganya sampai Rp 38 ribu perkilonya,” sebut Pakrun. Selain itu, harga yang mengalami kenaikan meski stoknya tersedia adalah gula pasir.

“Itu disebabkan selain barangnya impor, juga akibat transportasi pengiriman yang tersendat akibat pandemi virus corona. Sebelumnya, harga gula pasir berkisar Rp 15 ribu sampai Rp 16 ribu. Namun sekarang jadi Rp 20 ribu tiap kilogram,” sambungnya. Untuk minyak goreng, harganya labil dan tergantung standar dari Makassar dan Kendari. Demikian pula dengan beras. Sebelumnya perkilo Rp 9 ribu hingga Rp 10 ribu, maka setelah adanya Covid-19 terjadi naik menjadi Rp 12 ribu perkilogram.

“Kalau bicara pada kehidupan sehari-hari, itu sangat jelas berpengaruh. Tapi jangan ragu soal stok. Karena semua ketersediaanya sangat cukup,” optimis Pakrun. Untuk mengantisipas itu semua, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Bulog untuk menstabilkan harga, khususnya beras dan gula. “Insya Allah sebelum lebaran, semuanya akan berjalan normal kembali,” janjinya. (b/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy