Sterilisasi di Perbatasan Kendari : Suhu Tubuh Diatas 38 Derajat Celcius, 12 Orang Diarahkan Isolasi – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Sterilisasi di Perbatasan Kendari : Suhu Tubuh Diatas 38 Derajat Celcius, 12 Orang Diarahkan Isolasi

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai upaya menekan penyebaran Virus Corona (Covid-19), Pemerintah Kota Kendari menerapkan protokol sterilisasi diperbatasan sejak 1 April. Berdasarkan pantauan Kendari Pos di dua titik perbatasan kota (Perbatasan Baruga dan Puuwatu) sekira pukul 09.00 – 12.00 Wita, Rabu (1/4) ribuan pelintas dari luar kota menjalani serangkaian protokol penanganan covid (pengukuran suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan).

Di perbatasaan Ranomeeto misalnya, petugas melakukan pemeriksaan pada 218 mobil dan 297 motor. Hasilnya, 60 kendaraan (14 unit mobil dan 42 unit motor) terpaksa harus putar balik (tidak dizinkan melintas) karena melanggar protokol penanganan covid-19. Bukan hanya itu, dari 974 orang yang melintas petugas menemukan 12 orang yang memiliki suhu tubuh diatas 38 derajat celcius.

Kapolsek Ranomeeto AKP Dedi Hartoyo (topi hitam), saat melakukan pengecekkan suhu badan kepada masyarakat, di Jalan Poros Bandara Haluoleo, Gerbang perbatasan Kota Kendari dan Konsel, Rabu (1/4).

“Sebanyak 60 kendaraan kami tidak izinkan lewat. Sebab, tak memiliki urusan penting di Kendari. Sedangkan yang suhu tubuhnya tinggi (diatas 38 derajat) kami data untuk kemudian diinstruksikan membuat pernyataan melakukan isolasi diri di rumah. Kami juga tidak izinkan mereka melintas. Ada juga beberapa yang kami sarankan ke pusat layanan kesehatan terdekat. Adapun kendaraan yang melintas semuanya kami semprot dengan disinfektan,” kata AKP Dedi Hartoyo, Ketua Tim Sterilisasi Perbatasan Baruga.

Kapolsek Ranomeeto itu membeberkan, rata-rata kendaraan yang melintas berasal dari Bandara Halu Oleo. Sedangkan sisanya berasal dari beberapa wilayah di Konsel. “Yang dari Bandara didominasi penumpang dari Makassar dan Jakarta. Nah, ini yang kita waspadai. Mereka harus lakukan pemeriksaan ketat. Bahkan untuk Thermal Gun (pengukuran suhu tubuh), kami lakukan berkali-kali untuk memastikan mereka dalam kondisi baik sebelum masuk ke Kendari. Kami juga wajibkan mengisi form untuk keperluan pendataan. Sedangkan sisanya adalah warga Konsel yang bekerja di Kendari,” jelasnya.

Dalam melaksanakan pengawasan, pihaknya tidak bekerja sendiri. Mereka di back up 13 personel TNI, Pol-PP 7 personel, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari 12 personel. “Dari Polsek Ranomeeto 10 orang. Jadi, total 42 personel,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Dishub Kota Kendari, Muhammad Ali Aksa yang memonitor Perbatasan Puuwatu mengaku pihaknya sekira pukul 09.00 – 12.00 wita, berhasil melakukan pemeriksaan pada sekira 500 kendaraan, baik mobil maupun motor. Hasilnya ditemukan 2 orang yang suhu tubuhnya diatas 38 derajat. (b/ags

2 Comments

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy