Sri Lestari Sulkarnain, Berjuang di Garis Depan Hadapi Corona – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Sri Lestari Sulkarnain, Berjuang di Garis Depan Hadapi Corona

KENDARIPOS.CO.ID — Anadai Raden Adjeng (RA) Kartini masih hidup, tentu dia bangga karena perjuangannya dan ideologisnya tentang kesetaraan gender diadopsi kaum perempuan masa kini. Berbagai gagasannya tetap hidup melampaui batas peradabannya kala itu. Titisan RA Kartini kini berkarya pada berbagai dimensi pengabdian bidang.

Salah satunya adalah Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain. Menurutnya, setiap wanita bisa menjadi Kartini dengan caranya sendiri. Apalagi dalam situasi sekarang ini ketika masyarakat hidup dalam bayang-bayang wabah virus corona (Covid-19). Kehadiran perempuan untuk turut berkontribusi saat ini sangat diperlukan.

Melalui TP PKK Kendari, Sri bersama anggotanya, aktif mengedukasi masyarakat baik yang sifatnya preventif maupun promotif. Menurut ibu dari dua anak ini, PKK bisa menjadi salah satu garda depan dalam mengatasi berbagai persoalan di tengah-tengah masyarakat. Saat ini, PKK menunjukkan perannya dengan aktif menggerakkan ibu-ibu agar senantiasa menjaga pola hidup sehat sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami mengedukasi para ibu tentang pentingnya menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Ibu harus menjaga nutrisi keluarga. Tidak perlu mewah, yang penting memenuhi standar gizi sehari-hari. Misalnya, mengonsumsi sayur dan buah sebagai sumber vitamin, daging dan ikan sebagai sumber protein, minum yang cukup, dan lain-lain. Para ibu harus memastikan kondisi rumah dalam keadaan bersih dan terawat,” ujar Sri Lestari kepada Kendari Pos, Senin (20/4).

Alumni program Pascasarjana Universitas Halu Oleo ini juga aktif mengajak para ibu agar menanami lahan pekarangan dengan aneka sayuran dan herbal. Terlebih saat ini aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah, sehingga ada cukup waktu untuk mengurus tanaman. Meski sederhana, langkah tersebut dinilainya dapat membawa dampak positif.

“Tanaman di pekarangan yang tidak seberapa, mungkin tidak akan mencukupi kebutuhan sepanjang hidup kita. Tapi paling tidak, itu bisa mengurangi beban ekonomi. Apalagi sekarang ini, ekonomi sedang sulit. Saya sendiri menanam berbagai jenis sayuran dan herbal di rumah,” imbuhnya.

Selain itu, edukasi yang dilakukan kepada masyarakat juga terkait pentingnya menunjukkan empati kepada pasien ataupun keluarga pasien terpapar Covid-19. Diungkapkan Sri, hubungan antar sesama manusia di saat-saat seperti ini perlu dijaga. Ekonomi yang terganggu bisa mempengaruhi kondisi psikis sehingga menimbulkan perilaku menyimpang. Sehingga dengan tetap menjaga sisi kemanusiaan, berarti sudah berkontribusi menjaga kehidupan banyak orang.

“Kadang ada yang curhat lewat Messenger atau WA bahwa keluarganya terpapar sehingga menerima perlakuan kurang nyaman dari masyarakat sekitar. Saya mengajak masyarakat agar tidak menganggap pasien Covid-19 sebagai aib. Mari tingkatkan rasa kepedulian di saat-saat seperti ini,” imbau istri Sulkarnain Kadir ini. (uli)

Ajak Para Ibu Lebih Peduli pada Tenaga Medis

Sri Lestari mengaku selalu terenyuh saat melihat perjuangan para tenaga medis dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Sebagai bentuk dukungan, TP PKK Kota Kendari bekerjasama dengan sejumlah LSM dan organisasi turut menyalurkan bantuan untuk para tenaga medis.

TP PKK Kota Kendari bersama Yayasan Alkhansa, PW dan PD Salimah, BKMT Provinsi Sulawesi Tenggara mengadakan Bakti Sosial pada Rabu (15/4) lalu memberikan bantuan masker, madu, hand sanitizer, dan Alat Pelindung Diri (APD) pada Rumah Sakit Kota Kendari, puskesmas se-Kota Kendari, petugas DLHK, serta tukang ojek online (ojol).

Tim yang dipimpin Sri Lestari itu menyerahkan 100 pcs masker M3, 80 botol madu, 400 botol hand sanitizer, 151 set baju APD standar, 40 set APD eksklusif, dan 1000 masker kain. Sasarannya yakni Rumah Sakit Kota 40 set APD eksklusif, madu, dan 100 pcs masker M3. Untuk puskesmas, ada 10 baju APD, madu, serta 50 masker kain yang dibagikan. Sedangkan untuk ojol dan DLHK, pihaknya menyalurkan 50 set masker dan hand sanitizer.

“Kami mengajak masyarakat agar lebih peduli kepada tenaga medis. Semoga dengan bantuan yang kami berikan, tenaga medis di Kota Kendari semakin siap dan aman saat melayani pasien Covid-19. Insya Allah kegiatan ini masih akan berlangsung karena maskernya masih sementara diproduksi. Semoga kami juga bisa membagikan sembako,” ujar Sri.

Selain itu, pada Kamis (16/4) lalu, timnya juga kembali melakukan kegiatan bakti sosial. Bantuan berupa masker kain dan hand sanitizer disalurkan kepada PD Pasar Anduonohu, PD Pasar Baruga, PD Pasar Basah Korem, Pengurus TPI Sodoha, petugas DLHK, serta beberapa tukang ojek online yang ditemui. (uli)

BIODATA

Sri Lestari Sulkarnain, S.Pd., M.Si

Suami: Sulkarnain Kadir, SE., M.E (Wali Kota Kendari)

Anak:

  1. Abdullah Zubair
  2. Rosya Nafisa Firdausiah
  3. Muh. Qowwam Ar Rasyad (almarhum)

Pendidikan:
S1 Pendidikan Bahasa Inggris UHO
S2 Administrasi Pembangunan
Konsentrasi Administrasi Pendidikan UHO

Pengalaman Organisasi:

  1. Pengurus Mahasiswa Pencinta Musholla (MPM) FKIP Universitas Halu Oleo (UHO)
  2. Anggota Dewan Pertimbangan Organisasi Unit Kerohanian UHO (UK UHO)
  3. Pengurus BEM FKIP UHO

Jabatan

  1. Ketua TP PKK Kota Kendari
  2. Ketua PD Salimah Kota Kendari
  3. Ketua Dekranasda Kendari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy