Sosok Hj. Hasmawati, SE, Abdikan Diri untuk Masyarakat – Kendari Pos
Konawe Selatan

Sosok Hj. Hasmawati, SE, Abdikan Diri untuk Masyarakat

KENDARIPOS.CO.ID — Tanggal 21 April menjadi momentum untuk mengenang salah satu wanita hebat yang pernah dimiliki Indonesia. Dialah Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat (R.A Kartini), salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita Indonesia kala ia hidup. Semangat perjuangannya hingga kini masih hidup dan ia menjadi sosok teladan bagi wanita Indonesia.

Sosok Hj. Hasmawati, SE., adalah salah satu perempuan Sultra yang layak menjadi teladan bagi Kartini masa kini. Tercatat sebagai anggota DPRD Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) untuk masa bhakti 2019 – 2024, dia sukses membaktikan diri untuk kepentingan masyarakat.

Perempuan yang lahir di Watampone 04 September 1975 ini, bertekad untuk terus menjembatani aspirasi, memperjuangkan kepentingan masyarakat, khususnya di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) untuk disuarakan di parlemen. “Menjadi seorang perempuan bukan penghalang bagi saya untuk tetap berkarya. Tekad saya dapat bermanfaat bagi banyak orang dan berkontribusi besar, menebar senyum kebahagiaan bagi masyarakat. Pokoknya, sepanjang hayat dikandung badan, semangat saya tetap berkorbar untuk berkarya di parlemen,” ungkap ibu dua anak ini.

Menjadi seorang legislator, dirinya senantiasa bekerja untuk kepentingan rakyat Konsel. Perempuan tangguh dan pemberani ini tanpa kenal lelah memberikan yang terbaik untuk masyarakat. “Tekad saya menjadi wakil rakyat, semata-mata ingin menjadi penyambung aspirasi masyarakat,” katanya.

Perempuan yang pernah menyandang wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prov. Sultra (2011-2012), mengaku saat ini peran perempuan di berbagai sektor semakin nyata. Bila dulu kaum hawa hanya bertugas mengurusi rumah tangga saja, namun berbeda dengan era yang lebih akrab disebut dengan zaman now ini. Berkat perjuangan R.A Kartini mampu merubah mindset perempuan Indonesia untuk terus berkarya. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban bagi kaum perempuan di seluruh Indonesia untuk terus meneruskan perjuangan R.A Kartini.

“Perjuangannya luar biasa besar bagi kaum hawa di Indonesia. Makanya sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk meneruskan apa yang telah digagas pendahulu kita, RA Kartini. Beliau merupakan inspirator bagi para Kartini masa kini, Kartini modern,” tandasnya. (idh)

Bersama Cegah Penularan Covid-19

Menjadi kaum minoritas di parlemen tidak menghalangi dirinya untuk terus berjuang. Sosoknya yang pemberani ingin terus berada di tengah-tengah masyarakat dalam kondisi apapun, bahkan dalam situasi saat ini, ditengah mewabahnya pandemi virus Corona (Covid-19) berbagai daerah di Indonesia, termasuk Sultra. Perempuan yang karib disapa Hj. Cemma ini turun langsung memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat Konsel, guna memutus mata rantai virus yang belum ada obatnya ini.

“Ditengah pandemi Covid-19 ini, masyarakat harus terus diberikan pemahaman tentang bahaya serta cara pencegahan penularan Covid-19 ini. Mereka yang awam akan bahaya virus ini, khususnya masyarakat yang berada di daerah harus dilakukan pemahaman yang persuasif, melakukan pendekatan terlebih dahulu agar imbauan yang kita sampaikan benar-benar mampu dipahami,” tuturnya.

Menurut Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sultra ini, untuk memutus mata rantai dari virus berbahaya tersebut, dibutuhkan kerja sama dan sinergitas dari seluruh elemen masyarakat. Untuk itu, sebagai wakil rakyat, dirinya senantiasa terus mengingatkan masyarakat agar mengikuti imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah, menggunakan masker jika memang harus melakukan aktivitas di luar.

“Kita tentunya ingin virus ini segera hilang. Terkhusus beberapa hari ke depan umat muslim akan segera menyambut bulan suci Ramadan 1441 H. Untuk itu kita sama-sama berdoa dan berusaha agar virus ini sesegera mungkin menghilang di Bumi Indonesia ini,” terangnya.

Diakuinya, dampak dari virus yang pertama kali menyerang Wuhan, China itu, sangatlah terasa diberbagai sektor di negara ini. Aktivitas yang biasanya dilakukan oleh masyarakat seluruhnya terganggu. Imbasnya, pendapatan masyarakat menjadi berkurang bahkan ada yang berhenti total. Untuk itu, Ditengah-tengah memberikan imbauan kepada masyarakat, istri dari Kepala BPBD Konsel, Munawar, ini turut memberikan beberapa paket sembako untuk masyarakat Konsel yang membutuhkan.

“Besar kecilnya bantuan yang kita berikan sangatlah berharga bagi orang-orang yang membutuhkan pada situasi saat ini. Mari kita jadikan ajang ini untuk memupuk kepedulian kita terhadap sesama. Bukan seberapa besar nilai yang kita berikan, tapi seberapa tulus dan ikhlas kita dalam memberi,” pungkasnya. (idh)

Kartini Bagi Keluarga

Di sela-sela kesibukannya di parlemen, Hj. Hasmawati tak pernah melupakan fitrahnya sebagai ibu rumah tangga. Dirinya selalu meluangkan waktu berkumpul bersama suami dan kedua anaknya. “Saya selalu menjadi sosok Kartini di tengah keluarga kecil saya. Bersama suami kita berkomitmen untuk terus meluangkan waktu bersama anak-anak,” katanya.

Mendapatkan amanah untuk menjadi wakil rakyat harus pandai mengatur waktu dengan baik. Sehingga, kepentingan masyarakat dan keluarga bisa berjalan dengan beriringan. “Menjadi penyambung aspirasi bagi masyarakat Konsel harus berjalan, begitupun di keluarga. Saya juga harus menjadi pendengar yang baik bagi anak-anak saya,” pungkasnya. (idh)

BIODATA:

Nama: Hj. Hasmawati, SE
Tempat Tanggal Lahir: Watampone, 4 September 1975
Agama: Islam
Pekerjaan: Anggota DPRD Kabupaten Konawe Selatan

Suami: Munawar, S,Sos.,M.Si
Anak :
Risma Maulida Bafadal
Zahrani Syabila Bafadal

Pendidikan:
1983-1988 SDN 11 Watampone
1989-1991 SMPN 2 Watampone
1992-1994 SMAN 13 Ujung Pandang
2011 STIE WIRA BHAKTI MAKASSAR (Prodi Manajemen)

Pengalaman Organisasi:
Wakil Ketua DPD Partai GERINDRA Prov. Sultra (2011-2012)
Ketua Umum Pengurus Daerah Perempuan Indonesia Raya (PD-PIRA) Prov. Sultra (2017)
Ketua Umum Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI) Prov. Sultra (2011-2016)
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Sayang Anak Indonesia (APSAI) Kota Kendari (2014-2019)
Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Prov. Sultra (2015-2020)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy