SK Sudah Terbit, Kadisdukcapil Buton Belum Dilantik – Kendari Pos
Buton

SK Sudah Terbit, Kadisdukcapil Buton Belum Dilantik

Awaluddin


KENDARIPOS.CO.ID — Polemik pelayanan di Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton kini menemui titik terang. Dokumen dan administrasi yang semula tak bisa ditandatangani pimpinan karena peralihan jabatan yang inprosedural, mulai akhir Maret lalu sudah kembali normal. Kementerian Dalam Negeri akhirnya menerbitkan SK Kepala Disdisdukcapil baru.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buton, Awaluddin. Ia mengaku, SK sudah diteken sejak pertengahan Maret lalu. Kemudian sudah dijemput oleh pihaknya. “Makanya pelayanan sudah kembali normal sejak Maret kemarin,” katanya, kemarin. Kata dia, tidak ada perubahan kepemimpinam di Disdukcapil. Kemendagri menyetujui nama Kepala Dinas sesuai yang diusulkan Pemkab Buton yakni Waode Sitti Rahmi.

“Sesuai dengan yang kita usulkan dari hasil asesmen,” sambungnya. Awaluddin menambahkan Waode Sitti Rahmi memang harus dilantik kembali. Sebab SK pertamanya yang diteken Bupati Buton sudah dianulir. Namun pihaknya masih mencari waktu yang tepat dan kesiapan kepala daerah. “Sebenarnya sudah mau dilantik, tapi tiba-tiba kita sibuk dengan masalah (wabah virus), jadi ditunda dulu. Tapi tidak ada masalah dengan pelayanan karena SK itu berlaku sejak ditetapkan,” terangnya.

Untuk diketahui, Wa Ode Siti Rahmi sempat dilantik 6 Januari lalu. Namun kemudian, jabatan barunya itu harus dianulir karena belum diajukan ke Kemendagri lebih dulu. Imbasnya, Kemendagri memblokir sementara server pencetakan dokumen kependudukan milik Capil Buton. Kini, masalah itu sudah dituntaskan. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy