Siswa Dirumahkan, Guru Tetap Berkantor – Kendari Pos
Edukasi

Siswa Dirumahkan, Guru Tetap Berkantor

Proses belajar mengajar di SMAN 1 Kendari, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Kebijakan yang diambil oleh pemerintah dalam meliburkan siswa dari jenjang PAUD hingga SMA akibat pandemi Covid-19 yang sedang melanda bangsa ini, tidak berlaku untuk tenaga pendidik. Ditengah pencegahan penyebaran Covid-19 para guru jenjang SMA sederajat tetap wajib berkantor.

“Para guru tetap berkantor, meskipun tidak mengajar secara tatap muka, tetapi mereka tetap harus menyiapkan bahan ajarnya yang akan digunakan saat proses pembelajaran Daring berlangsung,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio, Rabu (1/4).

Meskipun Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang berlangsung secara jarak jauh, tugas dan kewajiban guru tetap harus dipenuhi dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ada. “Tetap seperti biasa, guru tetap berkantor namun cara mengajarinya saja yang berbeda. Kalau dulu secara tatap muka, sekarang melalui aplikasi,” katanya.

Diakuinya, proses KBM saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti Daring hingga melalui grup watsApp, namun pengawasan, pemberian materi tetap melibatkan peran guru disatuan pendidikan masing-masing. Hal ini tentunya bertujuan agar siswa tetap memahami materi dengan baik yang di pelajari. “Materi yang dipelajari para siswa dirumah tentu sesuai dengan arahan dari guru. Untuk itu, para guru kita haruskan untuk menyediakan bahan ajarnya sebelum memulai proses pembelajaran Daringnya,” terangnya.

Asrun Lio juga menuturkan bahwa guru juga bisa memberikan tugas tambahan kepada siswa terkait dengan pembahasan materi yang diajarkan. Sehingga, para guru bisa mengetahui sebagaimana pemahaman para peserta didiknya pada setiap materi yang diajarkanya. “Jadi perlu kita ingatkan lagi, kalau siswa itu tidak diliburkan. Tetapi mereka belajar dirumah dengan bantuan teknologi. Jadi jangan disalahartikan,” katanya.

Sebagai informasi, Dikbud Sultra telah memberlakukan proses pembelajaran siswa di rumah yang terhitung sejak 16 Maret sampai 29 Mei 2020. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy