Selama Ramadan, Ibadah Dialihkan di Rumah – Kendari Pos
Metro Kendari

Selama Ramadan, Ibadah Dialihkan di Rumah

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Suasana bulan suci Ramadan di Kota Kendari tahun ini bakal berbeda. Masjid tak lagi dijejali jemaah salat tarawih. Buka puasa bersama yang sudah menjadi tradisi tidak lagi gelar. Begitupun dengan kegiatan tadarus di masjid dan itikaf jelang akhir Ramadan. Untuk memutus rantai penyebaran virus corona, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari meminta umat Islam mengalihkan kegiatan ibadah di rumah.

Plt Kepala Kemenag Kota Kendari, H. Sunardin mengatakan kebijakan ini telah dikaji pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI). Berdasarkan kajian fikih, MUI telah mengeluarkan fatwa. Di sisi lain, Menteri Agama (Menag) telah menerbitkan surat edaranya. Putusan itu diperkuat SK gubernur, Wali Kota Kendari dan imbauan MUI Kota Kendari.

Dalam percepatan penanganan Covid-19, pihaknya telah melakukan penandatanganan pelaksanaan ibadah selama bulan suci Ramadan. “Umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa dengan baik berdasarkan ketentuan fikih ibadah. Sahur dan buka puasa dilakukan oleh individu atau keluarga inti dan tidak perlu buka puasa bersama. Demikian halnya salat tarawih, tadarus dan itikaf 10 hari jelang Idul Fitri,” tuturnya.

Kebijakan ini kata dia, akan berlangsung hingga Idul Fitri. Pelaksanaan shalat Idul Fitri yang lazimnya dilaksanakan secara berjamaah baik di masjid atau di lapangan ditiadakan.

“Jadi selama masa pandemi Covid-19 pada bulan ramadhan dan idul Fitri agar masyarakat tidak melakukan, shalat idul fitrih berjamaah di masjid atau lapangan. Tidak melakukan takbir keliling, cukup dilakukan di masjid atau mushollah dapat menggunakan pengeras suara dengan jumlah jamaah maksimal lima orang,”terangnya.

Tetapi bila berdasarkan ketentuan pihak berwenang Covid-19 sudah mereda dan dapat dilakukan konsentrasi banyak orang, maka dapat dilaksanakan dengan tetap memperhatikan petunjuk dan ketentuan yang dikeluarkan pihak berwenang mengenai hal itu. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy