Sektor Pertanian di Koltim Penopang Pembangunan – Kendari Pos
Kolaka Timur

Sektor Pertanian di Koltim Penopang Pembangunan

KENDARIPOS.CO.ID — Perekonomian Kolaka Timur tumbuh pesat. Hanya dalam waktu tujuh tahun pasca melepaskan diri dari Kabupaten Kolaka, daerah yang dinakhodai Tony Herbiansyah itu sudah sejajar dengan daerah di Sultra yang lebih dulu mekar.

Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah (kedua
dari kiri) saat panen raya di Kelurahan Ladongi
Jaya Kecamatan Ladongi 2019 silam.

Duet Tony Herbiansyah-Hj. Andi Merya Nur tahu betul bagaimana membangun daerah yang tak memiliki lautan. Tony menggenjot sektor pertanian sebagai penopang pembangunan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

Mantan Wakil Bupati Konawe ini, terus mengejot pembangunan infrastruktur dan menyukseskan visi dan misi agrobisnis berdaya saing.

Usia Koltim genap tujuh tahun pada 22 April setelah menjadi daerah otonom baru (DOB). Kemajuan Koltim tak lepas dari peran seorang Tony Herbiansyah dalam mengelola Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sehingga penggunaannya tepat sasaran.

Selama tujuh tahun memimpin Koltim, ia bekerka keras mewujudkan daerah yang ia pimpin menjadi daerah agrobisnis berdaya saing. Ia terus mengenjot pengembangan sektor pertanian juga seperti produksi beras, kakao, shorgum, dan tanaman hortikultura lainnya.

Mulai tahun 2016-2019, bantuan alat mesin pertanian terus mengalir ke petani. Bantuan kakao dan bantuan bibit hortikultura juga diberikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa memaksimalkan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan.

“Alhamdulillah tahun 2019 lalu, beras kita surplus 61 ribu ton. Itu dipengaruhi berbagai faktor yakni adanya bantuan pupuk organik, bantuan Alsintan dan kekompakan petani menanam serentak. Untuk tahun 2020, kita akan genjot pengembangan tanaman shorgum,” ujar Tony.

Pengembangan tanaman sorgum setiap kecamatan 1.000 hektar. Saat ini sekitar 45 hektar total tanaman sorgum mulai dikembangkan di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Tanaman sorgum ini ditarget 1.000 hektar per kecamatan.

“Lahan tidur kita akan tanami sorgum demi peningkatan pendapatan petani.

Hari Ulang Tahun ke -VII Koltim ini, menjadi pertama kali tidak dirayakan karena adanya penanganan wabah virus corona. “Saya berharap semua pejabat dan ASN serta masyarakat Koltim jiwa Hut Koltim tetap dihidupkan dengan berdoa dan memasang alat peraga pertanda HUT Koltim. Semoga daerah ini semakin makmur dan sejahtera masyarakat bebas dari Covid-19. Saya harap masyarakat tetap ikut terlibat pembangunan daerah serta bahu-membahu membagun daerah ini,” imbuhnya. (kus/adv)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy