Sayembara Masterplan Wisata Toronipa Ditunda – Kendari Pos
Metro Kendari

Sayembara Masterplan Wisata Toronipa Ditunda

Pantai Toronipa

KENDARIPOS.CO.ID — Pemprov Sultra menunda pelaksanaan sayembara masterplan wisata terpadu pantai Toronipa. Merebaknya virus corona menjadi alasan salah satu program unggulan Ali Mazi-Lukman Abunawas ini ditunda. Padahal sejak dibuka Maret lalu, sebanyak 25 peserta telah mengajukan karyanya.

Plt Kepala Dinas Parawisata Sultra, I Gede Panca mengatakan penundaan tahapan sayembara tersebut dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Sebab ini bagian dari dampak COVID-19 di Sultra yang dinilai sangat berpengaruh terhadap sektor pariwisata. Bahkan bukan hanya di Sultra tapi juga seluruh wilayah di Indonesia.

“Sudah ada 25 peserta yang mengirimkan karyanya ke pihak panitia sayembara per Maret 2020. Dimana peserta tersebar, bukan hanya dari Sultra, yakni Kendari dan Kolaka, tetapi juga dari luar Sultra Yogyakarta, Malang, Bali, dan Jakarta,” kata Panca sapaan akrab I Gede Panca kemarin.

Bukan hanya pertimbangan pembatasan sosial dan menjaga jarak, minat sponsor mendukung kegiatan di tengah wabah COVID-19 sangat minim. Sebab, sponsorship banyak yang ikut terkena dampak ekonomi. “Sponsor tidak akan ada yang mendukung dan semua bisnis kan lagi down. Ini juga kita tidak tahu sampai kapan wabah yang membahayakan ini berakhir. Kita hanya bisa berdoa agar ini cepat berlalu,” ucapnya.

Dalam sayembara ini, peserta diminta membuat desain yang menyatukan alam terbuka hijau dan bangunan. Sebab, kawasan wisata terpadu Toronipa bakal dijadikan terminal pusat pariwisata di Sultra yang akan menghubungkan lokasi wisata lainnya, seperti Pulau Bokori, Pulau Saponda, dan Pulau Labengki. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy