Satu Orang Terima Rp 3,5 Juta, Pendaftaran Kartu Pra-Kerja Tahap I Berakhir 16 April – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Satu Orang Terima Rp 3,5 Juta, Pendaftaran Kartu Pra-Kerja Tahap I Berakhir 16 April

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi virus korona berdampak kepada para pekerja di sektor informal. Tak sedikit diantara mereka yang terpaksa di rumahkan. Pemerintah pusat pun hadir dan meluncurkan program Kartu Pra-Kerja. Ribuan orang di Sultra akan berebut 37.320 kuota kartu Pra-Kerja.

Pendaftaran kartu Pra-Kerja sudah dimulai 11 April 2020 dan akan berakhir 16 April nanti. Bagi warga yang ingin tercover, bisa segera mendaftar. Warga tinggal mengakses situs yang disiapkan pemerintah, www.prakerja.go.id.

Untuk tahap awal, masa pendaftaran hanya dibuka sampai tanggal 16 April 2020. Masih tersisa dua hari lagi.

Tapi bagi mereka yang tak lolos tahap pertama, jangan berkecil hati. Peluang masih ada pada tahap kedua. Begitu seterusnya. Tanpa harus membuat akun baru di laman resmi Kartu Pra-Kerja.

Kepala Bidang Pembinaan Industri dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrans) Sultra, Muhammad Amir Taslim mengatakan program ini bukan hanya untuk pekerja yang terdampak pandemi virus korona sehingga dirumahkan dan PHK namun juga masyarakat yang menganggur.

“Data dari hasil koordinasi kami di daerah-daerah, sudah banyak pekerja yang dirumahkan dan mendaftar di kartu Pra-Kerja ini. Tapi saya belum dapat angka pastinya, tapi sampai hari ini sudah banyak yang mendaftar,” beber Muhammad Amir Taslim, saat ditemui Kendari Pos di ruang kerjanya, Senin (13/4).

Untuk tahap awal, Pemprov Sultra mendapat kuota peserta Kartu Pra- Kerja sebanyak 37.320 orang. “Peserta yang lolos dan diterima pada tahap awal akan diumumkan, 17 April 2020. Mereka yang lolos akan mengikuti pelatihan secara online. Selain itu, peserta akan mendapat intensif Rp 600 ribu perbulan selama enam bulan. Biaya per orang yang disiapkan pemerintah itu sebesar Rp3,5 juta. Rinciannya, Rp 1 juta biaya pelatihan dan insentif Rp 600 ribu setiap bulan selama 6 bulan,” terangnya.

Kepala Dinasnaker Sultra, Saemu Alwi mengungkapkan saat ini sekira 938 pekerja dirumahkan dan 1 orang terkena PHK. “Sampai saat ini yang baru melaporkan untuk karyawan yang dirumahkan atau PHK adalah sektor perhotelan saja. Yang lain sampai saat ini belum ada informasinya,” tuturnya saat ditemui di Rumah Jabatan Gubernur, kemarin.

Alasan perusahaan merumahkan karyawan karena kondisi perusahaan tidak maksimal akibat pandemi korona. Omset yang diperoleh tidak bisa membayar gaji karyawan. “Jadi dilematis memang. Perusahaan memiliki perjanjian kerja dengan karyawan, namun saat ini sedang dalam kondisi tidak normal, sehingga karyawan harus dirumahkan,” ungkap Saemu Alwi.

Meski dirumahkan karyawan tetap akan mendapat haknya namun kan bayaran. Gaji diberikan setengah. “Kondisi ini sedang diinventarisir, karena memang harus dikomunikasikan masing-masing perusahaan. Namun, jika tidak ada alasan pekerja dirumahkan atau PHK, maka berhak menuntut,” jelas Saemu Alwi.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Sultra, Sudarmanto menegaskan pemerintah harus memastikan penyaluran kartu pra-kerja mesti tepat sasaran. “Kita tentu mendukung karena ini untuk kebaikan masyarakat. Saya berharap ini tepat sasaran. Jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan momentum ini untuk keuntungan pribadi,” tegasnya.

Anggota DPRD Sultra lainnya, Sudirman mengatakan sebaiknya para pekerja tidak dirumahkan. Namun pimpinan perusahaan harus kreatif agar tetap mempertahankan karyawan di tengah pandemi korona ini. “Seperti saya yang memiliki usaha di bidang event organizer. Saat ini tidak ada satu pun event yang bisa berjalan. Karyawan tidak bekerja, namun kreativitas tetap ada. Misalnya, truk dan mobil pick up kita alihakn pada distribusi barang,” ungkap pria yang karib disapa Imenk ini.

Imenk meminta pekerja yang terdampak pandemi virus korona segera melapor ke Disnakertrans untuk mendapatkan program kartu Pra-Kerja. (yog/rah/b)

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy