RSUD Kota Kendari Sudah Punya Swab Test – Kendari Pos
Metro Kendari

RSUD Kota Kendari Sudah Punya Swab Test

Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman (pakai kopiah putih) saat menemui sejumlah anggota Komisi III DPRD Kota Kendari, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari rupanya telah memiliki alat Swab Test yang bisa mendeteksi seseorang mengidap virus Korona (Covid-19) atau tidak. Kendati demikian, alat tersebut untuk sementara tidak bisa digunakan rumah sakit dikarenakan belum mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Alatnya ada tapi tidak bisa difungsikan (digunakan) karena belum mendapatkan izin dari Kemenkes,” ungkap Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman, kemarin.

Saat ditanya lebih detail perihal alat tersebut, dr. Sukirman enggan menjelaskan. Intinya kata dia, alat tersebut bisa mendeteksi atau mediagnosis seseorang terinveksi Covid-19.

Ihwal keberadaan alat tersebut sebenarnya terkuak saat sejumlah anggota komisi III DPRD Kota Kendari menyambangi rumah sakit tersebut (7/4) kemarin. Dipimpin LM Rajab Jinik, dewan mencecar pihak rumah sakit dengan beberbagai pertanyaan perihal kesiapan pemberian pelayanan pada pasien Covid-19 di Kendari.

“Kami baru tahu bahwa rumah sakit kita ternyata sudah punya alat pendeteksinya (alat Swab Test).
Dengan begitu, maka pihak rumah sakit tidak perlu lagi melakukan tes swab tenggorok pasien ke Balitbangkes Makassar,” kata Rajab Jinik, Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, kemarin.

Oleh karena itu, lanjut Jinik, pihaknya dalam waktu dekat akan mengkordinasikannya pada Pemkot bahkan Pemprov untuk segera menghadap Menkes perihal pemberian izin penggunaan alat tersebut.

“Kalau sudah diregistrasi, kan kita tidak perlu ke Makassar lagi menunggu hasil tesnya.  Jangan menunggu lama, orang sudah mati baru diketahui kalau dia positif atau tidak. Proses penyebaranya sudah terjadi, tapi tidak ada langkah yang prepentif,” tandasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy