RSBG Kolaka Tangani 36 kasus DBD – Kendari Pos
Kolaka

RSBG Kolaka Tangani 36 kasus DBD

KENDARIPOS.CO.ID — Ditengah kesibukan melakukan pencegahan penularan Covid-19, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kolaka juga kini sedang berupaya memberantas penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD). Berdasarkan data yang diterima dari Rumah Sakit Benyamin Guluh (Kolaka), jumlah pasien yang ditangani hingga kini berjumlah 36 kasus.

“36 kasus itu adalah jumlah selama tahun 2020. Rinciannya Januari 6 kasus, Februari 16 kasus, Maret 13 kasus, dan April hingga hari ini hanya 1 kasus. Alhamdulillah semua tertangani dengan baik dan tak ada korban yang meninggal dunia,” ungkap Direktur RSBG Kolaka, dr. Muhammad Rafi saat ditemui Rabu (8/4).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Harun Masirri, mengatakan, meskipun telah tertangani dengan baik dan tak ada korban jiwa, pihaknya saat ini tetap melakukan pencegahan DBD meskipun paramedis juga tengah sibuk dalam upaya pencegahan penularan Covid-19. Sebab menurutnya, DBD juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Apalagi saat ini memasuki musim hujan.

“Penanganan DBD juga berjalan sesuai prosedur penanganan dan semua berjalan baik. Tinggal kami yang mengatur petugas untuk penanganannya. Untuk pencegahan, kami lakukan sosialisasi atau penyuluhan pencegahan DBD. Melalui kegiatan tersebut, kami sampaikan kepada masyarakat agar senantiasa menjaga lingkungan dengan melakukan pembersihan,” tuturnya.
Harun menambahkan, agar pencegahan DBD lebih optimal, maka pihaknya tetap menggalakkan gerakan 3 M plus yaitu menguras dan menutup penampungan air, mengubur barang bekas, serta melakukan abatesasi untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti.

“Kami juga melakukan fogging atau pengasapan untuk membunuh nyamuk dewasa apabila sudah terjadi penyebaran penyakit DBD,” tambahnya. Menurut Harun, penanganan DBD tak dapat dilakukan dengan maksimal tanpa ada dukungan dari pihak lain. Untuk itu, dirinya meminta pada seluruh pihak untuk berpartisipasi menangani DBD di Bumi Mekongga. “36 kasus ini semuanya dapat tertangani dengan baik karena adanya dukungan pemerintah, sektor terkait termasuk media, dan semua pihak serta lapisan masyarakat,” ujarnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy