Ribuan APD dan Alkes Mengalir ke Daerah – Kendari Pos
Nasional

Ribuan APD dan Alkes Mengalir ke Daerah

Bupati Buton Tengah (Buteng), Samahuddin (dua dari kanan) saat menerima APD dan alkes bantuan dari Pemprov Sultra, Senin (20/4).


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah kabupaten terus bergerak memangkas pergerakan potensi penyebaran virus korona (Covid-19). Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Bupati Buton Tengah (Buteng), Samahuddin dan Bupati Konawe Kepulauan (Konkep), Amrullah menyerahkan alat pelindung diri bagi tenaga kesehatan dan masyarakat.

Senin kemarin, Bupati Konawe, Kery S.Konggoasa menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) dan alat kesehatan (Alkes) untuk tenaga medis yang berjuang melawan virus korona. Kery Saiful Konggoasa bergegas memanggil kepala puskesmas ke Kabupaten Konawe dan menyerahkan APD.

Kery mengatakan, bantuan APD yang disalurkan itu dikhususkan bagi para tenaga medis di setiap kecamatan. “Jadi kalau ada warga yang mau ditangani, tenaga medis dan perawat sudah safety karena telah mengenakan APD,” ujar Kery saat menyerahkan bantuan dari Pemprov Sultra itu di pelataran kantor Bupati Konawe usai apel, Senin (20/4).

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menyebut, APD yang dibagikan itu murni bantuan Pemerintah Kabupaten Konawe. Kery menjelaskan Pemkab Konawe belum mendapat bantuan APD dari pemerintah pusat. Hanya saja, Konawe-1 itu enggan membeberkan berapa duit anggaran yang terpakai untuk pengadaan sekaligus penyaluran APD tersebut.

Kery hanya mengaku saat ini yang terpenting yakni penanganan Covid 19 di setiap kecamatan sudah harus menggunakan APD lengkap. Sehingga, di setiap puskesmas, penyediaan APD sudah mulai dilengkapi oleh Pemkab Konawe. “Pokoknya kalau menangani pasien Covid 19, harus pakai itu (APD, red). Kita juga minta warga tetap berdiam dirumah dan mematuhi protokol pencegahan Covid 19 supaya daerah kita ini bisa aman,” ungkapnya.

APD dan alkes disalurkan yang Pemerintah Provinsi Sultra sudah diterima Bupati Buteng, Samahuddin, Senin kemarin. Samahuddin mengatakan bantuan yang diberikan Pemrov Sultra sangat berguna dalam menangani pencegahan Covid-19. “Bantuan yang kami terima hari ini berupa, baju Cover All sebanyak 100 pcs, masker N95 sebanyak 50 pcs, masker bedah sebanyak 5,000 pcs, pengukur suhu tubuh (Thermoscanner Gun) 10 unit, sarung tangan steril, sebanyak 3.000 pcs,” ujar Samahuddin kepada Kendari Pos, Senin (20/4).

Bantuan alat kesehatan itu akan diserahkan ke petugas kesehatan dan masyarakat. “Masker akan kita bagikan kepada masyarakat. Alat medis seperti pengukur suhu tubuh nanti kita serahkan di petugas kesehatan,” papar Samahuddin.

Samahuddin berharap dengan bantuan APD dan alkes itu dapat memaksmilkan langkah Pemda Buteng dalam mencegah dan menangani Covid-19. “Yang jelas pencegahan Covid-19 menjadi tujuan utama kami. Agar masyarakat bisa semuanya terhindar dari virus mematikan tersebut,” harapnya.

Terpisah, Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) Amrullah terus bergerak memerangi wabah Covid-19. Tak hanya sekadar memberi imbauan agar masyarakat mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah, Amrullah juga menyediakan dan membagikan masker.
Itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona.

Meski Konkep, merupakan kategori wilayah aman penyebaran pendemi corana, namun Pemkab tak mau lengah, tim gugus tugas dan relawan terus bergerak cepat memutus mata rantai penyebaran virus corona di Pulau Wawonii. “Seluruh masyarakat dan stakeholder wajib menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Ada 3.500 masker kain yang saya salurkan ke pada tim medis covid-19. Nanti masker ini akan disalurkan lagi ke tujuh kecamatan,” ujar Amrullah. (adi/rud/san/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy