Realokasi APBD untuk Penanganan Covid-19 Capai Rp 58,5 Triliun – Kendari Pos
Nasional

Realokasi APBD untuk Penanganan Covid-19 Capai Rp 58,5 Triliun

Ilustrasi


KENDARIPOS.COL.ID — Instruksi menteri dalam negeri agar daerah melaksanakan refocusing atau realokasi APBD untuk penanganan Covid-19 berjalan lancar. Maklum, risikonya adalah pemotongan dana transfer bagi yang melanggar.

Hingga dua hari menjelang deadline atau batas akhir Kamis (23/4), sebanyak 99,50 persen pemerintah daerah telah melaksanakan instruksi tersebut. ”Tinggal dua yang belum: Kabupaten Pegunungan Arfak dan Manokwari Selatan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mochamad Ardian Noervianto, kemarin.

Dengan demikian, lanjut Ardian, sudah ada 34 provinsi dan 506 kabupaten/kota yang merampungkan kewajiban tersebut. ”Enam kabupaten/kota di DKI Jakarta tidak dihitung karena bukan daerah otonom,” imbuhnya.

Dari 540 daerah yang sudah melaporkan realokasi APBD, total anggaran yang terkumpul mencapai Rp 58,5 triliun. Dana tersebut berasal dari pos belanja tidak terduga (BTT), pengalihan dana hibah/bansos, serta efisiensi belanja modal barang/jasa.

Dana itu, kata Ardian, kemudian dialihkan ke penanganan Covid-19 yang terdiri atas tiga fokus utama. Yakni penanganan kebutuhan medis sekitar 42 persen, pengamanan jaring sosial bagi masyarakat terdampak sekitar 44 persen, dan sisanya untuk penanganan dampak ekonomi.

Terkait dua daerah yang belum melaporkan, Ardian mengaku sudah menjalin komunikasi. ”Mereka masih finalisasi. Karena angka transfernya baru diterima Jumat. Itu alasannya,” jelas dia.

Terhadap kabupaten/kota yang anggaran penanganannya relatif kecil meski sudah direalokasi, Ardian berharap pemerintah provinsi memberikan bantuan. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2856/sJ tentang Bantuan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy