Ratusan Karyawan Dirumahkan, 8.000 Pelaku UMKM Terdampak – Kendari Pos
Wakatobi

Ratusan Karyawan Dirumahkan, 8.000 Pelaku UMKM Terdampak

Zarta

KENDARIPOS.CO.ID — Wabah virus corona yang melanda berbagai daerah saat ini memberi dampak negatif pada berbagai sektor. Salah satunya dunia usaha. Kondisi tersebut membuat sejumlah dunia usaha mengalami penurunan pendapatan. Bahkan ada yang gulung tikar karena minimnya pemasukan keuangan. Dampaknya, sejumlah pekerja mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) atau minimal dirumahkan.

Di Kota Baubau, dampak buruk mewabahnya virus mematikan itu, terhadap dunia usaha juga mulai dirasakan. Dinas Tenaga Kerja setempat mengklaim telah menerima informasi adanya perlakuan PHK perusahaan terhadap beberapa pekerja. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau, Zarta, Rabu (15/4). “Informasi sudah ada. Hanya belum ada yang melapor ke kami. Kalaupun mereka di PHK harusnya menyampaikan ke Dinas Tenaga Kerja supaya kita tahu,” kata Zarta.

Pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan identifikasi di lapangan. Khususnya untuk dunia usaha perhotelan. Hasilnya, untuk sementara masih belum ditemukan adanya karyawan hotel yang di PHK. Menurutnya, yang telah banyak dilakukan perusahaan pada musim pandemi ini adalah merumahkan karyawan. Artinya status pekerja masih tetap, tetapi tak melakukan kegiatan kantor (bekerja) sampai batas waktu yang ditentukan perusahaan atau disepakati. Di Wakatobi, Bupati, H. Arhawi menyebut, setelah dilakukan evaluasi ada 500 orang tenaga kerja yang dirumahkan oleh perusahaan. “Ini juga menjadi catatan yang akan kami usulkan ke Kemendagri mudah-mudahan ada kebijakan dari Pemerintah Pusat. Semoga tenaga kerja yang dirumahkan ini mendapatkan kebijakan dari pemerintah,” katanya, kemarin, tanpa menyebut pekerja di sektor apa saja yang terdampak dirumahkan tersebut.

Selain itu, ia juga menerima laporan, kurang lebih 8.000 pelaku usaha mikro, kecil dan menegah (UMKM) terdampak penyebaran virus corona. Ia mengaku, Kemendari telah menyampaikan ke Pemkab, khusus kebijakan BUMN untuk membebaskan atau menunda kredit masyarakat yang hari ini terdampak Covid-19. (b/ahi/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy