Ramadhan 1441 H, Dikmudora Tiadakan Pesantren Kilat – Kendari Pos
Edukasi

Ramadhan 1441 H, Dikmudora Tiadakan Pesantren Kilat

Sartini Sarita

KENDARIPOS.CO.ID — Selama bulan Ramadhan 1441 H atau 2020 Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari menegaskan kegiatan pesantren kilat yang kerap menjadi agenda rutin sekolah selama bulan suci umat Islam ini ditiadakan. Hal ini guna mengikuti instruksi pemerintah untuk tetap berada di rumah selama Covid-19 yang masih terus mewabah di Indonesia, termasuk Kota Kendari.

“Untuk Ramadhan kali ini, kita tidak menganjurkan untuk menggelar kegiatan pesantren kilat seperti tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Kepala Dikmudora Kota Kendari, Sartini Sarita pada Kendari Pos, Minggu (19/4).

Sesuai dengan imbauan pemerintah selama bulan suci Ramadhan akan diterapkan di lingkup Dikmudora Kota Kendari, termasuk ditiadakanya segala bentuk kegiatan yang melibatkan banyak orang di lingkup satuan pendidikan, termasuk agenda rutin pesantren kilat. “Siswa akan tetap kita arahkan untuk stay at home selama Ramadhan yang tidak lama lagi akan menyapa seluruh umat muslim di dunia,” tuturnya.

Meskipun kegiatan pesantren kilat di sekolah ditiadakan, pihaknya mengaku akan tetap mengarahkan para guru untuk memberikan bahan ajar siswa terkait keagamaan dengan tetap menggunakan media elektronik.

“Selama pandemi Covid-19 ini, satuan pendidikan itu tidak lagi mengacu pada kurikulum yang ada. Akan tetapi, siswa lebih diarahkan ke pendidikan karakter. Begitupun selama bulan suci Ramadhan, pesantren kilat itu kan sebenarnya bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik pada bidang keagamaan,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya terus mengimbau kepada seluruh pihak, khususnya orang tua untuk dapat mendampingi dan memberikan pengawasan kepada putra-putrinya selama dirumah. Tetap patuhi perintah pemerintah untuk jaga jarak, guna memutus mata rantai wabah ini. “Ramadan tahun ini hadir dalam keadaan prihatin. Kita harus ikuti anjuran pemerintah di rumah aja, untuk mencegah penyebaran covid-19. Meski begitu, kita bisa mengisi dengan acara bermanfaat dan tetap terus belajar dengan mengikuti segala arahan para guru, termasuk pada bulan Ramadhan tahun ini, ” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy