Puskesmas Perbatasan di Muna Kekurangan Dokter – Kendari Pos
Muna

Puskesmas Perbatasan di Muna Kekurangan Dokter


KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Kecamatan Tongkuno di Kabupaten Muna mengeluhkan tidak adanya tenaga dokter yang bertugas di Puskesmas setempat. Masyarakat yang ingin berobat terpaksa harus ke Puskesmas Parigi yang jaraknya terbilang jauh. Bahkan tidak jarang, warga memilih mengakses layanan kesehatan di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) yang dinilai lebih dekat. Kondisi itu sudah berlangsung tiga tahun belakangan.

Hal tersebut diungkapkan Camat Tongkuno, Arif Wau. Ia menyebut Tongkuno merupakan wilayah pemukiman paling padat setelah Kota Raha. Namun kondisi pelayanan kesehatan justru tidak memadai. Ia mengaku miris karena sebagian masyarakat justru mengakses layanan kesehatan di daerah lain. “Puskesmas sebenarnya bagus, standar rawat inap. Hanya tidak ada dokter yang bertugas, makanya warga banyak yang memilih ke Buteng,” jelasnya, kemarin.

Ikatan Dokter Indonesia, dr. Wahid Agigi mengaku ketersediaan tenaga dokter di Muna terbilang masih minim. Selain Tongkuno, Puskesmas lain seperti Kabawo, Maligano, Pasikolaga dan Marobo juga belum diperkuat tenaga dokter. Ia meminta Pemkab menaruh perhatian serius pada kondisi tersebut mengingat pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan dasar masyarakat. “Kami harap ada rekrutmen tenaga baru atau seperti apa mekanismenya. Jelasnya dokter kita memang kurang,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Muna, Rimba Sua, mengakui, minimnya tenaga dokter Puskesmas di kabupaten itu. Apalagi, Puskesmas yang belum memiliki dokter tersebut berada di wilayah perbatasan seperti Maligano yang dekat Buton Utara dan Konawe, Marobo serta Tongkuno yang dekat Buton Tengah. Pihaknya baru akan mengambil langkah taktis terkhusus berkaitan dengan upaya menghadapi pandemi Covid-19. Diantaranya penarikan dokter di Puskesmas lain untuk ditugaskan ke wilayah perbatasan. Sementara untuk solusi jangka panjang, Pemkab menunggu program Nusantara Sehat dalam waktu dekat. “Kalau untuk satu dokter satu Puskesmas, kita belum cukup. Jadi untuk sementara rolling dulu,” argumennya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy