Proyek Rp 4,6 Miliar Rampung, Drainase Anggoeya Mulai Difungsikan – Kendari Pos
Metro Kendari

Proyek Rp 4,6 Miliar Rampung, Drainase Anggoeya Mulai Difungsikan

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus berupaya meminimalisir dampak banjir di Kota Lulo. Selain membangun kolam rentensi, Pemkot turut membangun dan memperbaiki saluran drainase. Salah satu proyek drainase di Kelurahan Anggoeya kini sudah rampung. Dengan tuntasnya proyek senilai Rp 4,6 miliar ini, banjir dan genangan air di kawasan itu bisa diatasi.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengatakan akan terus membenahi sistem drainase. Makanya, sistemnya harus terintegrasi dari hulu ke hilir. “Di hulu, kami bersama BWS sedang membangun kolam retensi yang akan tuntas tahun ini. Nah sendangkan dihilis kita baru tuntaskan drainase Anggoeya. Insya Allah usah kita ini bisa meminimalisir potensi banjir di Kendari,” tandasnya.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kota Kendari, Aswido menambahkan drainase Anggoeya berfungsi sebagai penampung dan pembuangan akhir. Pasalnya, kawasan Anggoeya cukup datar dan rendah sehingga berpotensi terjadi banjir saat musim penghujan. “Dengan berfungsinya drainase ini, kami pastikan potensi banjir di kawasan tersebut (Anggoeya, Red) bisa berkurang,” ungkap Aswido.

Dengan beroperasinya drainase tersebut, lanjut Aswido, aliran air hujan yang berasal dari pusat kota, bisa langsung diarahakan ke laut. Apalagi ukurannya cukup besar sekitar 200 m2. Drainase Anggoeya mampu menampung debit air hujan baik yang berasal dari kawasan Anggoeya sendiri, maupun yang berasal dari pusat kota. “Soal berapa banyak debitnya saya tidak bisa pastikan, yang jelasnya saat air hujan baik dalam jumlah yang besar sekalipun itu bisa singgah dan langsung ke laut. Drainase Anggoeya yang dalam pembangunannya menggunakan APBD sekira Rp 4,6 miliar,” kata Aswido. (b/ags)

Proyek Penanganan Banjir

  1. Perbaikan dan Pembangunan Drainase
    -Volume Drainase Disesuaikan dengan Debit Air
    -Salah Satunya Drainase Anggoeya Rp 4,6 Miliar
  2. Pembangunan Kolam Retensi DAS Wanggu
    -Menampung Debit Air Hujan
    -Pemkot-BWS Rp 20 Miliar
  3. Sistem Drainase Terintegrasi dari Hulu ke Hilir
    -Air Hujan Bisa Teraliri ke Laut

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy