Polisi Dominasi Jabatan Penting di KPK, ICW: Rawan Konflik Kepentingan – Kendari Pos
Nasional

Polisi Dominasi Jabatan Penting di KPK, ICW: Rawan Konflik Kepentingan

ILUSTRASI: Polisi (Istimewa)


KENDARIPOS.CO.ID — Indonesia Corruption Watch (ICW) menyoroti komposisi struktural pejabat di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang didominasi oleh unsur kepolisian. ICW mengkhawatirkan, potensi terjadinya konflik kepentingan dalam penanganan perkara ke depannya.

Berdasarkan hasil seleksi jabatan yang telah dilakukan KPK, saat ini komposisi jabatan struktural itu diisi oleh Brigjen Pol Karyoto sebagai Deputi Penindakan, Brigjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak sebagai Direktur Penyidikan dan Kombes Pol Endar Priantoro selaku Direktur Penyelidikan.

“Hal ini dikhawatirkan dapat berpotensi menimbulkan konflik kepentingan pada saat ada kasus dugaan korupsi yang melibatkan dari institusi Polri,” kata peneliti ICW Wana Alamsyah melalui keterangan tertulis, Rabu (15/4).

Wana menilai, kondisi seperti ini berpotensi memiliki potensi loyalitas ganda yang memang sulit dihindari. Lantaran, pejabat struktural dari Korps Bhayangkara tersebut memiliki dua atasan sekaligus yaitu Kapolri Jenderal Idham Azis dan Ketua KPK Firli Bahuri.

Terlebih, KPK telah mengabaikan aspek integritas. Pasalnya berdasarkan pemantauan ICW, Karyoto dan Endar tidak patuh melaporkan harta kekayaannya. Pada situs elhkpn.kpk.go.id, Karyoto terakhir menyampaikan laporan hartanya pada 18 Desember 2013 dan Endar melaporkan hartanya pada 3 Juli 2019.“Pimpinan KPK tidak melihat aspek integritas sebagai poin utama yang harus dimiliki oleh setiap calon,” sesalnya.

KPK pun telah menjawab tudingan ini. Lembaga antirasuah mengklaim, sudah bekerja sama dengan lembaga eksternal guna melakukan pemantauan rekam jejak setiap calon termasuk kepatuhan melapor harta kekayaan. “Selain jadwal, KPK pun tidak transparan terkait dengan para calon yang mengikuti seleksi pada setiap jabatan,” tukasnya. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy