Polda Sultra Naik Kelas, Bakal Dipimpin Jenderal Bintang Dua – Kendari Pos
Nasional

Polda Sultra Naik Kelas, Bakal Dipimpin Jenderal Bintang Dua

Polda Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Polda Sultra naik kelas. Dari tipe B naik menjadi tipe A. Perubahan status kelas itu menjadikan pemegang tertinggi tongkat komando Polda Sultra berubah pula.

Saat berstatus tipe B, jabatan Kapolda Sultra diisi perwira tinggi (pati) berpangkat brigadir jenderal polisi (Brigjen Pol) atau jenderal bintang satu. Nantinya Kapolda Sultra akan dipimpin jenderal bintang dua atau Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol).

Perubahan tipe Polda Sultra ini telah lama dikaji. Pengkajian akademik dilakukan setelah adanya pengarahan dari tim studi kelayakan perubahan tipe polda dari tipe B ke tipe A oleh Biro Kelembagaan dan Tata Laksana (Lemtala) Srena Polri yang dipimpin Karolemtala, Brigjen Pol Sjamsul Sidiq pada 16 Oktober 2018.

Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdisyam membenarkan dalam waktu dekat Polda Sultra akan menjadi tipe A. Ini sesuai persetujuan Menpan RB dan Kapolri Jenderal Idham Azis yang telah diumumkan. Perubahan tipe ini tentu dibarengi perubahan pangkat jajaran pejabat Polda Sultra.

Misalnya Kabid Humas Polda yang sebelumnya diemban perwira menengah (pamen) berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) maka nantinya akan dijabat oleh pamen berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes). Begitu pula pimpinan tertinggi di Polda Sultra, jika saat masih bertipe B, Kapolda diemban pati berpangkat Brigjen, ketika naik kelas tipe A, maka Kapolda diembang pati dengan pangkat Irjen Pol.

“Jadi akan ada perubahan. Secara otomatis, dan ini bakal diterapkan di Polda Sultra,”kata Brigjen Merdisyam, Rabu (15/4).

Perubahan tipe Polda Sultra ini mempertimbangkan sembilan dimensi dari 48 indikator yang merupakan syarat utama dalam perubahan tipe sesuai dengan peraturan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2018. Sembilan dimensi itu yakni kondisi geografis, demografi, sumber daya alam, aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, harkamtibmas dan kemampuan kesatuan.

Menurut Kapolda Sultra, Brigjen Merdisyam, perubahan tipe Polda Sultra ini sudah diusulkan sejak tahun 2018. Usulan itu dikaji oleh Kemenpan RB. Secara administrasi kenaikan tipe Polda Sultra sudah terpenuhi.

“Namun untuk perubahan secara pastinya menunggu petunjuk lebih lanjut dari Mabes Polri,” kata Brigjen Merdisyam.

Untuk diketahui, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menaikkan status tujuh Polda di Indonesia dari tipe B menjadi tipe A. Yakni Polda Sultra, Polda Sulbar, Polda Kaltara, Polda Kepulauan Babel, Polda Gorontalo, Polda Maluku Utara dan Polda Papua Barat.

Kenaikan tipe ke-7 Polda tersebut berdasarkan persetujuan yang diberikan Kemenpan RB.

Kenaikan status tersebut tertuang pada surat telegram Kapolri nomor ST/1189/IV/OTL.1.1.3./2020 yang ditandatangani Asrena Kapolri Irjen Hendro Sugiatno. (ade/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy