Pinjaman Tak Cair, ST Nyaris Diamuk Warga – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Pinjaman Tak Cair, ST Nyaris Diamuk Warga

Kapolsek Ranomeeto APK Dedi Hartoyo (depan,kiri) bersama pelaku penipuan berkedok Koperasi ST (jilbab abu-abu) di Polsek Ranomeeto Konsel, Minggu (5/4).

KENDARIPOS.CO.ID – -Wanita berinisial ST (43) harus berurusan dengan pihak kepolisian. Pelaku diduga melakukan penipuan terhadap ratusan warga di Desa Lameuru, Boro-boro dan Kota Bangun di Kecamatan Ranomeeto Konawe Selatan (Konsel). ST menjanjikan pinjaman uang Rp 1 s/d 5 juta dengan bunga ringan atau 10 persen. Namun hingga waktu yang ditentukan, pinjaman yang dijanjikan tak kunjung dicairkan.

Modusnya, warga yang ingin memperoleh pinjaman diharuskan membeli materainya dan menyetor uang Rp 300 ribu. Setiap Kepala Keluarga (KK), harus membeli dua materai. Materinya untuk kelengkapan berkas sementara uang yang disetor untuk satu karung beras. Sayangnya, pinjaman yang dijanjikan tak kunjung dicairkan. Begitupun dengan kiriman beras satu karung. ST nyaris menjadi amuk warga yang geram dengan aksinya.

Kapolsek Ranomeeto, AKP Dedi Hartoyo S.Pi mengatakan telah mengamankan pelaku di ruang tahanan Polsek Ranomeeto. Atas aksinya, ibu dua orang anak ini bakal dijerat ancaman pasal 372 penipuan dan pasal 378 penggelapan.

“ST menawarkan pinjaman besar dengan bunga kecil kepada korbannya. Pelaku mendapat untung dari penjualan materai dan beras murah yang ditawarkan. Setelah menerima uang dari korbannya, pelaku tak membawa beras yang dijanjikan,” tutur Kapolsek Ranomeeto, AKP Dedi Hartoyo S.Pi kemarin.

Para korban cukup percaya kata dia, lantaran pelaku dulunya bekerja sebagai pegawai koperasi Mandiri Sejahtera, Kota Kendari. Namun sejak bulan Januari 2020, koperasi tempat tersangka kerja, telah gulung tikar tanpa alasan yang tidak jelas. Hingga kini, pelaku masih berkomunikasi dengan mantan atasannya di Koperasi Mandiri Sejahtera.

“Pelaku masih berkomunikasi dengan mantan atasannya. Hasil penipuannya di transfer ke mantan atasannya yang berada di luar Kota Kendari. Sampai saat ini, kami masih mendalami apakah masih ada tersangka lain,” paparnya. (b/m1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy