Penumpang Armada PT Pelni Anjlok 70 Persen – Kendari Pos
Metro Kendari

Penumpang Armada PT Pelni Anjlok 70 Persen

Jumlah penumpang armada PT Pelni anjlok 70 persen. Kondisi ini diprediksi masa akan terus terjadi. Apalagi pemerintah telah melakukan pelarangan mudik. KM Tilongkabila saat hendak bersandar di Pelabuhan Nusantara Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Perusahaan pelayaran menjadi sektor yang sangat merasakan dampak pandemi virus corona. Pasca virus ini mewabah, jumlah penumpang menurun drastis. Tidak hanya bagi armada lokal, namun juga angkutan yang dikelola PT Pelni yang anjok 70 persen. Kondisi ini diprediksi masa akan terus terjadi. Apalagi pemerintah telah melakukan pelarangan mudik.

Kepala Cabang PT Pelni Kendari, Tavip Priadi mengatakan armada Pelni yang beroperasi dan melayani trayek di Sultra termasuk Kendari yakni KM Tilongkabila, KM Jetliner dan KM Sabuk Nusantara 78. “Volume penumpang sejak adanya wabah Covid-19 menurun hingga 70 persen. Mungkin pengaruh dengan adanya imbauan pemerintah untuk Work From Home (WFH) atau tinggal di rumah,” kata Tavip kemarin.

Saat ini, KM Tilongkabila dan KM Jetliner posisinya post stay. Artinya, dua armada ini masih penyesuaian trayek karena sepinya penumpang. KM Tilongkabila post stay di Makassar dan Jetliner post stay di Baubau. Sementara KM Sabuk Nusantara 78 masih beroperasi.

“Jadwalnya kemarin (dua hari lalu, red). Kemudian tanggal 1 Mei tetap jalan. Tapi karena adanya peraturan dari pemerintah daerah Maluku Utara, Bobong dan Taliabu kemungkinan KM Sabuk Nusantara 78 berangkat tanpa penumpang. Hanya barang dan logistik saja,” terangnya.

Untuk penjualan tiket, pihaknya hanya menyiapkan 50 persen saja. Ini sudah dilakukan sejak satu bulan yang lalu. Sebab di atas kapal memberlakukan physical distancing dengan memberi jarak bagi setiap penumpang. Jadi dalam pelayaran tetap merujuk pada protokol kesehatan.

“Jadi kita itu menjual tiket hanya 50 persen. Contohnya KM tilongkabila yang kapasitas 900, kita hanya jualnya 450 tiket. Tapi dibagi per pelabuhan. Kalau KM Sabuk Nusantara itu kan kapasitasnya 500 jadi kita hanya jual 250 tiket saja. Tetapi kemarin bahkan hanya terisi 50 orang. Jadi, yah penurunan penumpang itu hingga mencapai 70 persen,”ucapnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy