Penerapan Sidang Online Berjalan Lancar – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Penerapan Sidang Online Berjalan Lancar

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra mulai menerapkan sistem persidangan secara online. Kebijakan ini telah diterapkan sejak 23 Maret lalu. Sidang online ini telah diterapkan 10 Kejaksaan Negeri (Kejari) di wilayah Sultra.

“Sidang online telah mulai 23 Maret lalu. Saat ini untuk total perkara persidangan online juga sudah cukup banyak yah, sebab bukan hanya dari Kejati tetapi semua Kejari yang ada di Sultra,” beber Raden Febrytrianto, Kepala Kejati Sultra.

Penerapan sidang online kata dia, merujuk instruksi Kejagung. SOP-nya, jaksa di kantor bersama saksi, hakim di pengadilan, tersangka dan pengacara di lapas atau di rutan. Namun SOP-nya bisa dikondisikan. Di Kejari Kendari misalnya, jaksa dan hakim berada di tempat yang sama di Pengadilan.

“Jadi tergantung SOP nya, yang jelas bisa jaga jarak aman baik physical distancing maupun sosial distancing. Jadi ini sudah dikoordinasikan dengan pihak lapas, pengadilan dan kejaksaan. Sebab saat masing-masing telah memiliki PC yang berisi aplikasi yang digunakan untuk persidangan online ini,”ungkapnya.

Sejauh ini, penerapan sidang online ini berjalan lancar. Makanya, sidang yang telah dijadwalkan tidak dipending. “Jadi tidak ada yang gag online sekarang. Sudah sekira ratusan sidang semua secara online. Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti, yang jelas kami tetap bekerja optimal ditengah merebaknya virus covid-19 ini,”pungkasnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy