Pendapatan Pelaku UKM di Buteng Menurun – Kendari Pos
Buton Tengah

Pendapatan Pelaku UKM di Buteng Menurun

KENDARIPOS.CO.ID — Para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Buton Tengah (Buteng), mulai merasakan minimnya pendapatan pada masa pandemi Covid-19. Banyak pelaku usaha pada level tersebut mulai menghentikan aktivitasnya. Kondisi itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Buteng, Abidin. Ia menjelaskan, kerugian para pelaku usaha kecil akibat adanya wabah virus memang sangat terlihat. Apalagi diketahui para pelaku usaha tersebut kebanyakan menjajakan dagangannnya hanya untuk hari itu saja.

“Misalnya jual gorengan atau makanan lainnya lainnya. Biasa mereka meraup keuntungan sebesar Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu tiap hari. Sekarang malah merugi hingga Rp 100 ribu per hari. Tentu kalau tidak ada yang beli, pasti para pelaku usaha akan terus merugi. Ditambah lagi masyarakat juga akhir-akhir ini tak lagi aktif membeli makanan di luar rumah karena takut adanya virus coroana ini,” papar Abidin, kemarin.

Ia berharap Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten dapat segera mengatasi hal itu. Apalagi ini demi kehidupan para pelaku usaha kecil. “Kalau tidak bekerja, mereka mau makan apa. Apalagi kehidupan mereka tergantung pada hasil usaha yang dikelola,” ulas Abidin.
Diketahui, jumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Buteng mencapai 6.000 orang. Jumlah tersebut banyak mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah. “Dampak inilah yang perlu kita antisipasi. Bagaimapun mereka (pelaku usaha) sangat membutuhkan bantuan pemerintah. Agar kelangsungan dan pendapatan hidup mereka bisa tetap terjaga seperti hari-hari biasa,” pintanya. (c/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy