Pendaftaran UTBK-SBMPTN Dibuka Juni – Kendari Pos
Edukasi

Pendaftaran UTBK-SBMPTN Dibuka Juni

Mahasiswa UHO saat mengikuti seleksi (wawancara) penerimaan beasiswa bidikmisi beberapa waktu lalu. Mulai tahun 2020 ini, bidikmisi ini berganti nama menjadi KIP Kuliah

KENDARIPOS.CO.ID — Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dilakukan secara bersamaan dengan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dibuka pada tanggal 2-20 Juni 2020. Jadwal ini secara resmi diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LMPT), setelah sebelumnya dilakukan penundaan akibat Covid-19.

Wakil Rektor I UHO, Dr. La Hamimu mengungkapkan, sesuai jadwal yang ditetapkan oleh LPMPT tertanggal 6 April kemarin, tentang jadwal pendaftaran UTBK yang sama dengan pendaftaran SBMPTN. “Tahun ini jadwal pendaftaran UTBK dan SBMPTN jadwalnya sama. Sehingga, calon peserta yang melakukan pendaftaran UTBK dapat langsung mendaftar SBMPTN. Selain itu, peserta juga sudah harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi tujuan,” katanya, Senin (6/4).

Sementara itu, jadwal pelaksanaan UTBK akan dihelat pada 5-12 Juli 2020, yang selanjutnya diikuti oleh pengumuman peserta yang lulus pada jalur SBMPTN pada 25 Juli 2020. “Untuk materi tes yang diujikan pada UTBK nanti, yakni Tes Potensi Skolastik, yang mana materi tes ini untuk mengukur kemmampuan kognitif siswa yang dianggap penting untuk keberhasilan mahasiswa di perguruan tinggi,” terangnya.

Pihaknya juga mengatakan bahwa bagi pendaftar UTBK kali ini hanya diijinkan untuk mengambil satu kali tes. Berbeda dengan pengumuman LTMPT sebelumnya yang memperbolehkan tes UTBK diadakan dua kali. “Kali ini untuk tes UTBK hanya dilakukan satu kali saja. Yang mana, setiap pelaksanaan tes dalam sehari terdapat empat sesi,” imbuhnya.

Diakui La Hamimu, mekanisme pendaftaran UTBK dan SBMPTN tahun ini memang cukup berbeda dengan pelaksanaan UTBK sebelumnya yang diakibatkan oleh adanya Covid-19 yang sampai saat ini masih terus mengalami penambahan korban yang positif. “Jelas ada perbedaan, salah satunya yakni tes UTBK hanya sekali saja. Berbeda dengan tahun lalu yang memberikan kesempatan pendaftar untuk mengikuti tes 2 kali,” tuturnya.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada seluruh calon mahasiswa UHO yang ingin masuk menggunakan jalur SBMPTN untuk mempersiapkan diri dengan belajar semaksimal mungkin. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy