Pemkab Muna Siapkan Rp 50 Miliar untuk THR dan Gaji 13 ASN – Kendari Pos
Muna

Pemkab Muna Siapkan Rp 50 Miliar untuk THR dan Gaji 13 ASN

Amrin Fiini

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Muna belum memastikan penerima tunjangan hari raya (THR) dan gaji 13 tahun ini. Dananya sudah disiapkan sebesar Rp 50 miliar namun penyalurannya masih menunggu petunjuk pusat. Kebijakan THR dan gaji 13 mengalami perubahan menyusul ancaman pandemi Covid-19.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Muna, Amrin Fiini, menerangkan, penyaluran THR dan gaji 13 tahun ini akan berbeda dari sebelumnya. Tidak semua pegawai berstatus aparatur sipil negara (ASN) akan menjadi penerima manfaat. Pemerintah telah memutuskan realokasi pos anggaran tersebut untuk keperluan penanggulangan wabah corona.

“Informasinya, gaji 13 dan THR tidak akan seperti tahun lalu. Ada kelompok penerima prioritas dan ada yang dicancel. Tetapi itu baru sebatas informasi awal, kami belum resmi menerima surat edaran,” terangnya, Jumat (17/4).

Pemerintah Kabupaten Muna sebenarnya sudah menyiapkan pos anggaran dalam APBD seperti halnya tahun 2019 lalu yakni Rp 25 miliar gaji 13 dan Rp 25 miliar THR. Dana itu disalurkan kepada 6.000 lebih ASN di Pemkab Muna dan DPRD pada menjelang lebaran dan tahun ajaran baru pada bulan Mei atau Juni. Besaran nilainya bergantung pada jabatan dan golongan ASN. Namun khusus tahun ini, Pemerintah Pusat berencana hanya menyalurkan pada eselon III kebawah. Itu artinya, pejabat seperti Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Kabupaten, Kepala Dinas dan anggota DPRD tidak termasuk didalamnya. “Menkeu memang sudah memberi pernyataan ke media kalau yang eselon II atau setara seperti DPRD tidak kebagian. Mungkin pertimbangannya kelompok itu tidak tergolong rentan secara ekonomi,” terangnya.

Kendati demikian, Amrin Fiini masih menunggu kebijakan resmi pemerintah pusat. Sebabnya, informasi tersebut masih sebatas keputusan dan belum diikuti surat edaran ataupun petunjuk pelaksanaan. “Lebih jelasnya kami masih menunggu Juklak,” tegas Amrin Fiini. (Ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy