Pemkab Muna Dukung Petani Produksi Teh Kelor – Kendari Pos
Muna

Pemkab Muna Dukung Petani Produksi Teh Kelor

Olahan kelor yang jadi teh kemasan hasil produksi Ansar, petani asal Desa Lupia, Kecamatan Kabangka. Teh Kelor berlabel te Wuna itu mendapat dukungan dari Pemkab Muna.

KENDARIPOS.CO.ID — Tanaman kelor telah menjadi sayuran pokok bagi masyarakat di Muna. Namun ditangan Ansar, petani kelor asal Desa Lupia, Kecamatan Kabangka, tumbuhan bernama latin Moringa Oleifera itu diolah menjadi bahan baku teh kemasan dengan nama Teh Kelor te Wuna. Usahanya kini didukung pemerintah.

Ia menerangkan, ide membuat kelor menjadi minuman seduh berasal dari internet. Namun melalui pendampingan penyuluh pertanian, kelor disulap menjadi produk olahan bernilai tambah. Produk rumahannya itu kini mulai dipromosikan ke masyarakat.

“Rasanya cukup enak dan berkhasiat,” katanya, akhir pekan lalu.
Proses pembuatan teh kelor terbilang mudah. Daun kelor mentah terlebih dulu diblender untuk mendapatkan serbuk. Lalu dikeringkan pada suhu tidak lebih dari 35 derajat celcius. Pengeringnya tidak menggunakan cahaya matahari langsung. Serbuk kelor selanjutnya tinggal dikemas layaknya teh celup kemasan lainnya. “Untuk sementara, satu sachet isi 20 teh celup dijual Rp 15 ribu. Pasarannya baru seputar Raha,” terangnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Muna, Anwar Agigi, menerangkan, pemerintah sudah sangat mendukung inovasi petani untuk meningkatkan olahan teh kelor produksi rumahan di Desa Lupia. Teh kelor itu sudah melalui uji laboratorium di PT. Saraswati Indogenetek di Bogor, Jawa Barat. Teh kelor itu diantaranya punya kandungan tinggi protein 30,02 persen dan karbohidrat sebesar 39 persen setiap 100 gram. Lebih tinggi dari kandungan kelor Nusa Tenggara Barat yang hanya 28 persen protein.

“Teh kelor ini juga tidak memiliki kadar gula dan natrium. Bisa dikatakan kelor Muna merupakan yang terbaik di Indonesia. Kita masih urus izin produksinya agar bisa masuk di pasaran,” katanya.

Teh Kelor te Wuna sudah dirasakan Bupati, LM. Rusman Emba. Menurutnya, selain memiliki khasiat kesehatan, teh tersebut juga tidak mengecewakan dari segi rasa. Teh kelor hasil kreasi warganya akan turut dipromosikan pemerintah. Secara khusus, ia percaya teh kelor dapat menambah kekebalan tubuh karena mengandung banyak vitamin A, B1, B2 E dan D. “Ini juga sudah melalui sertifikasi halal. Saya sarankan, untuk imunitas sebaiknya konsumsi teh kelor. Apalagi ditengah pandemi Covid-19,” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy