Pemkab Konut Salurkan Sembako ke Warga, Sopir Dapat Dana Stimulan – Kendari Pos
Konawe Utara

Pemkab Konut Salurkan Sembako ke Warga, Sopir Dapat Dana Stimulan

Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid 19 di Konut, Ruksamin (kiri) saat menyalurkan sembako pada warganya yang terdampak bias penyebaran virus corona

KENDARIPOS.CO.ID — Janji Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) untuk menyediakan paket sembilan bahan pokok pada warganya, ditunaikan. Penyerahan paket sembako merupakan kebijakan Pemkab dalam penanggulangan wabah pandemi Covid-19. Penyaluran sembako bagi warga mulai dilakukan sejak awal pekan ini dari Kecamatan Motui. Simbolis penyaluran paket sembako diterima masing-masing Pemerintah Desa yang disaksikan pihak kecamatan.

“Kemarin kita sudah serahkan sembilan bahan pokok pada warga di Kecamatan Motui, sekarang giliran Kecamatan Sawa yang diberikan. Bantuan ini merupakan kebijakan dalam memutus mata rantai penyebaran corona virus disease (Covid-19). Pemerintah harus hadir ditengah wabah ini, dengan memberikan bantuan pada warga,” ujar Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Pemkab Konut, Ruksamin, Rabu (15/4).

Bupati Konut itu menuturkan, jenis paket sembako yang disalurkan pada warga meliputi beras, ikan kaleng, mie instan, serta beberapa lainnya. Termasuk menyerahkan biosel pengganti disinfektan yang ramah lingkungan dan tidak membahayakan manusia. Mantan Ketua DPRD Konut tersebut menegaskan, para kepala desa harus senantiasa menjaga masyarakatnya agar terhindar dari virus corona. Tentunya, menjaga dan merawat lingkungan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Khusus tenaga sopir, pemerintah juga telah menyiapkan dana stimulan melalui program keselamatan 2020. “Untuk di Konut, sopir yang sudah terdata sebanyak 35 orang. Untuk penerima bantuan nanti akan diberikan pelatihan dari Satuan Lalu Lintas bersama dengan BRI dan Urusan Kesehatan (Urkes). Bagaimana mencegah wabah Covid-19,” ujar Kasatlantas Polres Konut, AKP Kunto Sri Hariyono, kemarin.

Kehadiran Urkes dalam program keselamatan 2020 berkaitan dengan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Sedangkan kehadiran BRI menyangkut tata cara penyaluran dana stimulan yang disiapkan oleh pemerintah. “Program keselamatan dari pemerintah akan berlaku selama tiga bulan selama pandemi Covid-19. Mulai dari 20 April-20 Mei, 20 Mei-20 Juni dan tahap ketiga dari 20 Juni-20 Juli,” urai mantan Kasatlantas Polres Konsel itu.

Dana stimulan yang diberikan pada sopir truk dalam sebulan sebesar Rp 600 ribu. Nantinya, para calon penerima akan diberikan buku tabungan inklud dengan kartu ATM yang didalamnya telah berisikan saldo. Teknisnya, calon penerima nanti akan menukarkan saldo pada BRI link yang menyediakan bahan sembako. Hal itu dilakukan untuk memudahkan penerima dalam melakukan transaksi sembilan bahan pokok.

AKP Kunto Sri Hariyono, mengaku, penerima program keselamatan 2020 sangat terbatas. Bagi mereka yang belum tercover dalam program tersebut diminta jangan berkecil hati. Sambil menunggu kebijakan dari pemerintah bila ada penambahan. Program keselamatan 2020 telah dilakukan launching perdana dengan Korlantas Mabes Polri dan BRI yang dilakukan melalui teleconfren se-Indonesia, kemarin. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy