Pemkab Konkep Siapkan Rp 11,5 Miliar untuk Penanganan Korona – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Pemkab Konkep Siapkan Rp 11,5 Miliar untuk Penanganan Korona

Bupati Konkep, H. Amrullah (kanan) didampingi Wabup, Andi Muhammad Lutfi (tengah) saat memberikan keterangan terkait anggaran penanganan Covid-19 di Pulau Wawonii.


KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 masih menjadi atensi besar bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep). Beragam cara dilakukan agar kondisi di wilayah itu tetap dalam kondisi baik. Mulai dari memeriksa suhu tubuh warga secara detail, hingga menyemprotkan disinfektan bagi pendatang yang tiba di Pulau Wawonii. Bupati Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Ir. H. Amrullah, mengatakan, wabah corona yang menjadi penyakit luar biasa menjadi tanggung jawab bersama.

Pemkab Konkep menyiapkan anggaran Rp 11,5 miliar untuk penanganan Covid-19 dan dampak-dampak sosial akibat pendemi tersebut. “Kesehatan dan keselamatan masyarakat menjadi prioritas utama. Karena ini adalah tanggung jawab kita dunia dan akhirat,” kata Amrullah saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/4). Didampingi Wakil Bupati (Wabup), Andi Muhammad Lutfi, lebih lanjut Konkep-1 itu menjelaskan, dari anggaran puluhan miliar yang disiapkan Pemkab Konkep, sudah termasuk belanja perlengkapan medis dan ketahanan pangan.

“Rp 5 miliar untuk ketahanan pangan. Saat ini kami lagi mengkaji masyarakat kita yang paling terdampak akibat virus corona. Termasuk nelayan, petani, pers dan masyarakat kita yang hilang pekerjaan. Untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak termasuk,” ujarnya. Ketua DPC Demokrat Konkep itu mengatakan, ketika anggaran puluhan miliar itu dinilai tidak cukup untuk menangani corona, pihaknya masih bisa melakukan penambahan hingga wabah tersebut benar-benar tak ada.

“Saat ini yang paling penting adalah kesehatan dibanding pembangunan. Saya juga sudah menginstruksikan dana desa bisa dialokasikan untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial di wilayah masing-masing. Misalnya penyemprotan disinfektan dan bantuan sosial lainnya. Seluruh dana alokasi khusus (DAK) diluar Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, itu semua ditarik untuk penanganan Covid-19,” tuturnya dengan tegas. Pasangan kepala daerah dengan akronim BERAMAL itu mengimbau agar warga Konkep tidak melakukan perjalanan ke luar daerah dulu. Apa lagi mengunjungi wilayah-wilayah zona merah pendemi Corona. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy