Pemkab Konawe Sediakan Disinfektan Gratis Untuk Warga – Kendari Pos
Konawe

Pemkab Konawe Sediakan Disinfektan Gratis Untuk Warga

Warga Konawe mengantri untuk mendapatkan cairan desinfektan gratis yang tersedia di Posko tanggap darurat pencegahan Covid-19.


KENDARIPOS.CO.ID — Warga Konawe diminta tetap tenang dengan mewabahnya Covid-19. Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Konawe telah menyediakan cairan disinfektan secara cuma-cuma bagi seluruh masyarakat yang ingin melakukan penyemprotan di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Cairan desinfektan gratis itu tersedia di posko tanggap darurat di pelataran kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe.

Kepala Dinkes Konawe, Mawar Taligana, mengatakan, sejak Selasa (31/3) lalu, pihaknya sudah menyiapkan cairan disinfektan gratis bagi warga. Lima unit tower air dengan kapasitas masing-masing 1.200 liter digunakan untuk menampung disinfektan gratis tersebut. Ia menyebut, cairan itu dibuat dari larutan deterjen dan pembersih lantai.

“Sejak hari pertama kita bagi-bagi disinfektan, antrian warga sudah membludak. Semua warga Konawe yang mau menyemprot rumahnya, bisa datang ambil di sini,” ujar Mawar Taligana, kemarin. Ia menjelaskan, penyediaan disinfektan gratis itu bakal terus dilakukan selama wabah virus Corona masih melanda Konawe. Ia menyebut, tak ada pembatasan berapa maksimal warga mengambil cairan itu. Wadah penampung cairan apapun yang dibawa warga, bakal tetap dilayani.

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Konawe, Ferdinand Sapan menjelaskan, pada prinsipnya Pemkab terus berupaya melakukan pencegahan penularan virus Corona. Bagi-bagi disinfektan gratis itu, menjadi strategi pemerintah untuk merangsang penyemprotan secara mandiri oleh tiap masyarakat.

“Kita lihat warga khususnya para petani di Konawe sudah memiliki alat semprot. Kita tinggal siapkan saja bahan cairnya. Kita juga sudah undang Danramil, Kapolsek, Kepala Puskesmas dan para Camat se-Konawe. Sebab, kita ingin pembagian disinfektan ini bisa terintegrasi,” ungkap Ferdinand, Rabu (1/4).

Sekretaris Kabupaten Konawe itu menyebut, sebelum masuk mengantre cairan disinfektan, warga terlebih dahulu disemprot dengan cairan antiseptik. Katanya, pembagian itu akan terus dikontrol oleh Satgas percepatan penanganan Covid 19 Konawe. “Nanti kita tunggu laporan Kapus dan Kapolsek.. Kalau masih butuh disinfektan, kita pasok lagi. Hari ini (kemarin), kami sudah rapat teknis lagi untuk mengalokasikan anggaran Rp 600 juta untuk membantu penanganan wabah Covid-19 ini,” tandas Ferdinand Sapan. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy