Pemkab Konawe Nilai Belum Perlu Karantina WIlayah – Kendari Pos
Konawe

Pemkab Konawe Nilai Belum Perlu Karantina WIlayah

Kery Saiful Konggoasa


KENDARIPOS.CO.ID — Pasien positif Covid-19 di Bumi Anoa terus bertambah. Sebagian daerah di jazirah Sulawesi Tenggara mulai memberlakukan sistem karantina wilayah sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona tersebut. Namun di Konawe, Pemerintah Kabupaten merasa belum perlu untuk memberlakukan karantina wilayah. Bupati, Kery Saiful Konggoasa berpendapat, metode tersebut tidak begitu efektif dalam menjamin wabah virus Corona tak menyebar ke masyarakat.

“Itu tidak efektif. Yang penting sebenarnya adalah kita harus bangun kesadaran semua masyarakat. Kalau hanya periksa di jalan, memangnya hanya di situ saja orang. Bagaimana dengan warga yang ada dirumah,” asumsi Kery Saiful Konggoasa, akhir pekan lalu.

Bupati Konawe dua periode itu menjelaskan, pemerintah daerah saat ini menerapkan metode pencegahan Covid-19 berbasis pada kemandirian masyarakat. Katanya, pola itu dilakukan dengan terus mengingatkan warga akan bahaya penularan virus. Ujung tombak pemerintahan di tingkat kecamatan sampai di level Rukun Tetangga (RT) maupun dusun, semua harus mengambil peran sesuai Tupoksi yang diberikan.

Kery menyebut, sudah menginstruksikan para Camat se-Konawe untuk mengamankan wilayah masing-masing agar terhindar dari penularan virus corona. Warga terus diimbau untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggalnya. Selain itu Kery menambahkan, Pemkab Konawe saat ini berupaya mencari pos anggaran untuk memberikan bantuan sosial berupa kebutuhan Sembako pada masyarakat pra sejahtera. Katanya, Pemkab saat ini tidak bisa mengandalkan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni karena penyerapannya yang masih sangat minim.

“Makanya, saya juga masih koordinasikan dengan Pemerintah Pusat. Kami minta kalau bisa, dana bagi hasil atas pengelolaan hasil bumi daerah bisa cepat disalurkan ke Konawe,” ujar mantan Ketua DPRD Konawe itu. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy