Pemkab Koltim-Konawe Perpanjang Masa Libur Sekolah – Kendari Pos
Kolaka Timur

Pemkab Koltim-Konawe Perpanjang Masa Libur Sekolah

Hj. Surya Hutapea


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) telah meliburkan para peserta didik pada level TK, SD dan SMP. Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah telah mengeluarkan surat keputusan meliburkan aktivitas belajar mengajar sejak 24 Maret hingga 4 April 2020. Kepala Dinas Dikmudora Koltim, Hj. Surya Hutapea, mengaku, besok, masa libur akan berakhir. Namun menlihat kondisi penyebaran wabah Covid-19 yang masih dalam penanganan, maka masa belajar di rumah akan diperpanjang.

“Sesuai rencana, libur sekolah akan diperpanjang mulai tanggal 6 sampai 18 April mendatang. Hal ini untuk mencegah penularan Covid-19. Ujian nasional dan ujian sekolah tahun pembelajaran 2019/2020 ditiadakan sesuai instruksi Kemendikbud,” ujar Surya Hutapea, Kamis (2/4).
Ketua TP PKK Koltim tersebut menjelaskan, selama libur sekolah setiap pelajar tetap belajar efektif melalui kelas maya dalam aplikasi “Ruang Guru dan “Rumah Belajar” yang telah dikembangkan Pusdatin Kemendikbud RI. Para guru akan mengarahkan secara online.

“Tapi siswa yang tak memiliki smartphone atau wilayah yang belum ada akses jaringan internet, maka pihak sekolah menyiapkan bahan ajar dan memberikan tugas. Saya minta orang tua siswa untuk mengawasi anak-anaknya agar tetap berada dalam rumah,” tandasnya. Sementara itu di Kabupaten Konawe, waktu pengalihan belajar siswa didik juga diperpanjang hingga 14 April 2020. Itu sesuai surat edaran yang dikeluarkan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, Suriyadi melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), Tira Liambo, mengatakan, libur itu maksudnya masih bisa belajar di rumah. “Entah dengan cara apa. Tapi kalau bisa dengan cara online,” ujar Tira Liambo, Kamis (2/4). Tira Liambo menambahkan, masa pengalihan belajar siswa di Konawe bisa jadi diperpanjang. Tergantung, situasi dan kondisi daerah dalam menangani penyebaran virus corona. Ia pun menyebut, sebagian siswa didik di Konawe mulai dilanda kebosanan lantaran terus-terusan berada dirumah.

“Begitu juga gurunya. Tapi mau bagaimana, pembelajaran di sekolah belum dibolehkan. Kami imbau, para kepala sekolah dan guru kelas untuk terus memantau perkembangan pembelajaran siswa di rumah,” ungkapnya. (c/kus/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy